Contoh Cerita Rakyat Legenda Nyi Roro Kidul Terbaik

.
.
Contoh Cerita Rakyat tentang Legenda Nyi Roro Kidul Terbaik - Halo Sobat, Cerita rakyat merupakan salah satu bentuk prosa lama. Nah, pada artikel kali ini, penulis akan memberikan sebuah contoh cerita rakyat legenda Nyi Roro Kidul, Sang penguasa Pantai Selatan.

Baiklah, tanpa berlama-lama lagi berikut ini adalah contoh legenda asal-usul Nyi Roro Kidul, selamat membaca!



Legenda Nyi Roro Kidul

Pada zaman dahulu, hiduplah seorang putri nan cantik jelita bagaikan bidadari dari khayangan. Gadis tersebut bernama Dewi Kadita. Dia merupakan seorang putri kesayangan Raja Padjajaran yang bernama Munding Wangi. Selain berperawakan cantik, Dewi Kadita juga dikenal memiliki sifat yang baik. Bahkan Kecantikan wajah dan budinya telah tersebar hingga ke seluruh negeri.

Meskipun Dewi Kadita sangat cantik dan baik hati, Sang Raja tidak merasa senang karena dia belum juga dikarunia anak laki-laki sebagai calon penerus kerajaan. Akhirnya, dengan izin dari sang putri, Sang Raja menikahi lagi dengan Dewi Mutiara. Pada mulanya, Dewi Mutiara sangat baik kepada Dewi Kadita. Hal itu hanya semata-mata dilakukan untuk mendapatkan cinta ayahnya. 

Benar saja, setelah mereka menikah Dewi Mutiara menunjukan watak aslinya. Dia sangat kejam terhadap Dewi Kadita. Terlebih lagi, ketika Dewi Mutiara dikaruniai oleh seorang anak laki-laki. Dia semakin takut bahwa Dewi Kadita akan menghalangi anaknya sebagai penerus raja.
 
Hari berganti hari, seiring denga bertambahnya umur anaknya, kebencian Dewi Mutiara semakin bertambah terhadap Sang Putri. Bahkan saat ini, dia telah berani meminta Sang Raja untuk mengasingkan Dewi Kadita. 
 
“Suamiku, aku ingin Dewi Kadita meningalkan istana ini,” pinta Dewi Kadita.
“Apa ? Aku tidak akan membiarkan putriku pergi dari istana ini karena aku sangat menyayanginya,” bentak Sang Raja menolak permintaan istrinya.
 
Akibat dimarahi oleh Sang Raja, Dewi Mutiara pun semakin membenci Sang Putri. Dia terus mencari cara untuk menyingkirkan Dewi Kadita. Pada akhirnya, dia pergi meminta bantuan seorang dukun untuk menjalankan niat jahatnya tersebut. 
 
“Wahai, Nyai aku ingin kau mencelakai Dewi Kadita agar dia pergi dari istana ini,” pinta Dewi Mutiara.
“Hihihih, aku akan membantumu, asal kau memberi aku imbalan,” pinta Sang Dukun.
 
Permintaan Sang Dukun pun dipenuhi oleh Dewi Mutiara. Tanpa menunggu waktu lama lagi, Sang Dukum segera melancarkan aksinya. Dia memberikan mantra kepada Dewi Kadita melalui angin ketika Sang Putri tengah tertidur.
 
Keesokan harinya, Sang Putri terkejut melihat dirinya dipenuhi oleh bisul dan luka yang berbau busuk. Melihat kejadian ini, Sang Raja memerintahkan seluruh tabib di penjuru negeri untuk mengobatinya, tetapi tidak ada satu pun yang berhasil.
 
Hari demi hari, penyakit Sang Putri semakin memburuk, bahkan mengeluarkan bau yang amat sangat menyengat. Dewi Kadita mulai membujuk Sang Raja untuk menyingkirkan Sang Putri segera karena penyakitnya.
 
“Tuanku, penyakit putrimu semakin memburuk, aku khawatir hal itu akan menular kepada anak laki-laki kita. Segeralah singkirkan dia dari istana, sebelum keadaan semakin memburuk.” bujuk Dewi Kadita.
 
Pada mulanya, sang raja bersikeras menolak, tetapi setelah didesak dia menjadi tergoda oleh istrinya. Dewi Kadita yang tanpa sengaja mendengarnya, merasa sedih, sehingga dia memutuskan untuk meninggalkan istana. Diam-diam, Sang Putri keluar dari istana dan berjalan tanpa tujuan. Mengetahui kepergian Sang Putri, Dewi Mutiara sangat gembira karena rencananya telah berhasil.
 
Sang Putri terus berjalan siang dan malam tanpa arah dan tujuan yang jelas. Kini keelokan paras tubuhnya telah hilang, sehingga sepanjang perjalanan dia mendapat penghinaan dari semua orang yang merasa jijik dengan tubuhnya. Dewi Kadita akhirnya putus asa. Dia menuju sebuah tebing yang berbatasan langsung dengan lautan. Ketika dia termenung meratapi nasibnya, ada suara yang memintanya untuk terjun ke laut Tanpa pikir panjang, Sang Putri melemparkan dirinya ke lautan.
 
Setelah melompat ke lautan, keajaiban pun terjadi. Semua luka dan bisul yang ada di tubuh Sang Putri sembuh dan kembali menjadi cantik. Sang Putri pun berubah wujud menjadi sang penguasa lautan. Di sanalah dia sekarang tinggal dan mendirikan sebuah kerajaan gaib. Hingga kini Sang Putri diperkirakan masih ada dan dikenal dengan Nyi Roro Kidul penguasa Pantai Selatan.
 
***


Demikianlah cerita rakyat, tentang Nyi Roro Kidul sang penguasa Pantai Selatan. Kisah ini merupakan legenda dan masih dipercayai oleh sebagian orang dengan berbagai versi cerita lainnya.
 
Sampai di sini perjumpaan kita kali ini tentang contoh cerita rakyat tentang Nyi Roro Kidul. Terimakasih telah membaca dan sampai jumpa pada artikel menarik lainnya.
Contoh Cerita Rakyat Legenda Nyi Roro Kidul Terbaik | aria nugraha | 5