Bacalah Definisi Poster, Jenis, dan Contoh Bahasa Poster Terbaik !

.
.
Definisi Poster, Jenis - Jenis Poster dan Contoh Bahasa Poster - Hay Sobat Prbahasa, artikel kali ini akan membahas pengertian, jenis, tujuan, dan contoh bahasa poster. 

Baiklah, tanpa berlama - lama lagi, berikut ini adalah pembahasan mengenai poster secara lengkap!


Pengertian Poster


Jika seseorang melewati suatu tempat pasti pernah melihat atau membaca poster yang ditempel di suatu tempat. Biasanya, dalam poster tersebut memuat tulisan- tulisan, gambar dan warna- warna dengan menarik yang memuat beberapa informasi atau pemberitahuan yang mudah dipahami oleh pembaca. 

Jadi, poster adalah suatu karya desain grafis yang di dalamnya terdapat gambar dan huruf yang berukuran cukup besar dengan warna- warna yang sangat menarik untuk dibaca. Poster di letakkan di tempat yang permukaannya datar, seperti dinding atau papan. 

Poster dibuat semenarik mungkin untuk menarik perhatian pembaca. Poster ini digunakan dalam berbagai keperluan, seperti sebagai iklan, bidang pendidikan, sosialiasisi tentang suatu hal, dan hasil karya seni seorang atau sekelompok seniman. 

Poster dibuat berdasarkan insiprasi dan kreativitas pembuatnya.dan diletakkan atau ditempelkan di tempat- tempat yang ramai dikunjungi orang- orang atau masyarakat, seperti  mall- mall, jalan- jalan, taman kota, dan tempat- tempat lainnya. 

Poster dipilih sebagai media informasi tulisan karena poster mudah dibuat. Terlebih lagi, dengan dukungan teknologi dan informasi  poster semakin mudah didesain atau diciptakan. 


Jenis - jenis Poster


Jenis- jenis poster ada beberapa macam, seperti :
  1. Poster niaga yang isinya berupa iklan untuk mempromosikan sebuah produk;
  2. Poster kegiatan yang isinya menginformasikan suatu kegiatan seperti kegiatan menanam pohon;
  3. Poster  pendidikan yaitu poster yang bertujuan mendidik pembaca seperti poster mengajak menjaga kebersihan;
  4. Poster layanan masyarakat yaitu poster yang pertujuan memberi informasi tentang suatu pelayanan masyarakat seperti poster kepolisisan atau rumah sakit;
  5. Poster karya seni adalah poster yang isinya memberitahukan tentang suatu karya seni yang akan dipertunjukkan kepada pembaca, seperti poster pementasan seni. 



Tujuan Poster


Poster dibuat berdasarkan maksud atau tujuan seperti hal- hal berikut :
  1. Poster dibuat untuk mengajak atau mempengaruhi orang lain atau pembaca;
  2. Poster dibuat untuk meminta simpati atau perhatian dari pembaca;
  3. Poster dibuat untuk mencari orang lain seperti poster orang hilang;
  4. Poster dibuat untuk mempromosikan atau mengenalkan suatu hal atau produk;
  5. Poster dibuat untuk memotivasi pembaca;
  6. Poster dibuat untuk menjual suatu produk.

Di dalam poster gambar yang sesuai dengan tulisan sangat mempengaruhi eksistensi poster itu sendiri. Kata- kata dalam tulisan yang singkat  pun memuat tujuan persuasif atau mengajak pembaca agar terpengaruh dan mengikuti hal- hal yang ada dalam tulisan poster tersebut. 

Contoh tulisan dalam poster seperti  kalimat “ Buanglah Sampah Pada Tempatnya” kalimat tersebut bisa didukung dengan gambar orang membuat sampah di tong sampah. Contoh poster tersebut cocok di tempel di tempat- tempat seperti sekolah, misalnya di TK atau SD. 

Bagi anak usia dini atau kanak- kanak menggunakan media pembelajaran tematik, seperti poster membuat anak- anak akan mudah paham dan dengan mudah diajari sejak ntuk menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya sejak dini.   

Contoh lain adalah poster layanan masyarakat seperti posyandu yang bergambar balita ditimbang dengan tulisan yang menyatakan “sayang anak bawa ke posyandu” didukung dengan warna yang mencolok dan menarik akan mempengaruhi pembaca, terutama orang tua untuk membawa anak- anaknya ke posyandu untuk menimbang anaknya atau memberikan imunisasi demi kesehatan buah hatinya yang disayangi. 


Contoh – Contoh Bahasa Poster


Poster Niaga
Pakai Im4 Internet lebih lancar dengan harga yang lebih murah!
Susu Sapi Sumbawa mengobati dan mencegah penyakit jantung
Ayam Bakar Ibu Gendut, Harga pas, rasa pas

Poster Pendidikan
Kuliah, BSA Aja !Sekolah Dharma Negara, Mendidik bukan hanya mengajarAyo bersekolah yang tinggi demi masa depan yang cerah !

Poster kegiatan
Ikutilah, Jalan Sehat Akbar dan dapatkan puluhan hadiah menarik!Mari ramaikan hari bebas kendaraan dengan bermain bersama keluarga!Gotong royong membuat pekerjaan jadi mudah terselesaikan!

Poster layanan masyarakat
Gunakan helmt karena keluarga menunggu di rumahSayang anak ? bawa ke posyandu !Mari hidup sehat karena sakit mahal harganya !

Poster lingkungan hidup
Selamatkan kami, maka kami akan menyelamatkan anak cucu mu!Buanglah sampah pada tempat yang semestinya!Lestarikanlah hutan agar hidup menjadi indah!


Jenis poster, gambar- gambar, kata- kata, dan warna- warna dalam tulisan disesuaikan dengan tujuan dan penggunaan poster sesuai kreativitas dan inspirasi pembuat atau pendesain poster itu sendiri. 





Demikianlah artikel kali ini mengenai pengertian, jenis dan contoh bahasa poster. Intinya, poster merupakan sebuah media untuk menyampaikan suatu infrormasi dalam bentuk gambar dan tulisan yang menarik.

Sampai di sini dahulu perjumpaan kita kali ini dalam pembahasan lengkap pengertian, jenis dan contoh bahasa poster. Semoga artikel kali ini bisa menjadi referensi yang baik bagi Sobat dalam mempelajari tentang poster. Terimakasih telah membaca dan baca pula puluhan artikel menarik lainnya!
Bacalah Definisi Poster, Jenis, dan Contoh Bahasa Poster Terbaik ! | aria nugraha | 5