Bacalah 7 Langkah Membuat Cerpen Terbaik !

.
.
Cara Membuat Cerpen Terbaik - Halo Sobat ? Bagaimana kabar kalian ? Pasti baik, bukan ? Berjumpa lagi dalam artikel kali ini yang akan menyajikan langkah – langkah dalam membuat cerpen. Namun, apakah yang dimaksud cerpen tersebut ? Cerpen adalah salah satu bentuk prosa baru yang berupa sebuah cerita pendek.

Sobat, menulis sebuah cerpen tidaklah sesulit membuat novel karena ceritanya yang sangat sederhana. Selain itu, ide ceritanya pun dapat kita ambil dari pengalaman hidup kita sehari – hari. 

Cerpen yang baik adalah cerpen yang mendapatkan apresiasi oleh pembacanya. Lalu bagaimanakah cara membuat cerita pendek yang baik ? Nah, untuk memudahkan Sobat dalam membuatnya, berikut ini adalah cara atau langkah – langkah dalam membuat cerpen.
 

Langkah - langkah Membuat Cerpen 



1. Tentukanlah tema !
 
Langkah pertama yang harus Sobat lakukan adalah menentukan tema atau ide cerita. Tema merupakan jiwa dari sebuah cerpen karena nantinya akan menentukan baik atau buruknya cerpen yang kita tulis. Banyak sekali pilihan tema yang dapat Sobat pilih, diantaranya adalah tentang cinta, persahabatan,  kehidupan, sosial, misteri dan lain sebagainya.
 
Dalam menentukan tema hendaknya disesuaikan dengan target yang akan membaca cerpen kita tersebut. Apabila Sobat ingin cerpennya banyak dibaca oleh kaum muda, maka pilihlah tema – tema yang mereka sukai, seperti tema cinta, persahabatan, dan jangan memilih tema – tema yang berat, seperti tema kehidupan sosial atau politik.
 

2. Tentukanlah komponen – komponen penyusun cerpen !
 
Setelah Sobat mendapatkan tema cerpen yang akan dibuat, tentukanlah komponen atau unsur – unsur penyusun cerpen, seperti karakter, konflik, alur, dan lain sebagainya. Yang paling utama adalah menentukan konflik apa yang akan terjadi di dalam cerita dan siapa saja yang terlibat di dalamnya. Langkah ini dilakukun untuk memudahkan Sobat dalam menentukan jalan cerita yang akan dibuat.
 

3. Buatlah kerangka !
 
Saat ini Sobat telah memiliki ide cerita dan komponen atau unsur – unsur cerpen, lalu langkah selanjutnya adalah dengan membuat kerangka karangan. Kerangka ini dimaksudkan untuk memudahkan Sobat dalam menulis sebuah cerpen yang bagus.
 
Kerangka cerpen ini merupakan susunan awal atau jalan cerita cerpen yang ingin Sobat tulis. Lalu, bagaimanakah cara membuat kerangka cerpen tersebut? Sebelumnya Sobat telah menentukan konflik apa yang akan terjadi, kan ?
 
Nah, cobalah arahkan jalan ceritanya menuju konflik tersebut semenarik mungkin agar pembaca dapat menikmati cerpen tersebut. Tentukan manakah tahapan – tahapan alur, seperti: Orientasi yaitu tahap perkenalan tokoh, tahap pemunculan masalah, konflik, kemudian penyelesaian masalah.
 

4. Menulislah !
 
Sekarang Sobat sudah siap untuk menulis cerpen. Tulislah cerpen tersebut semenarik mungkin dengan menggunakan bahasa yang baik dan ringan. Tetapi jangan terlalu memaksakan diri untuk menulis dengan bahasa – bahasa yang puitis seperti para penulis cerpen yang telah terkenal karena justru hal tersebut akan membuat cerpen Sobat terlihat buruk.
 
Gunakan kerangka karangan yang telah dibuat untuk menuntun Sobat dalam menulis. Ingat, cerpen adalah cerita pendek. Oleh karena itu, jangan membuatnya terlalu berlebihan, jangan sampai melebihi 8000 karakter karena cerpen yang Sobat buat akan terlihat sangat panjang.
 
Tips agar cerpen Anda menarik adalah buatlah bagian pembuka yang semenarik mungkin sehingga menumbuhkan rasa penasaran pembaca untuk terus membaca cerpen hingga akhir.
 

5. Diamkan !
 
Diamkan ? Yap diamkan atau berilah jeda pada cerpen yang telah selesai dibuat. Berilah waktu sekitar seminggu. Hal ini dilakukan untuk memberikan waktu kepada kita untuk dapat melakukan proses editing dengan baik.
 

6. Edit !
 
Baca kembali cerpen yang telah Sobat buat, kemudian lakukanlah perevisian dengan cara mencari kalimat – kalimat yang sumbang, kalimat yang tidak sesuai dengan EYD, atau Sobat juga bisa menambahkan gaya bahasa yang menarik, dan lain – lain.
 
Proses pengeditan ini dapat Sobat lakukan sendiri maupun dengan cara meminta bantuan kepada orang lain.
 

7. Publikasikan !
 
Cerpen yang baik adalah cerpen yang membuat pembacanya puas setelah membacanya. Oleh karena itu, Sobat bisa mempublikasikan cerpen yang telah dibuat supaya mendapatkan apresiasi yang baik. 

Banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk mempublikasikan cerpen Sobat, seperti dengan mengirimkannya di surat kabar, menyusunnya dalam buku kumpulan cerpen, mempublikasikan di internet, dan lain sebagainya.

 
Demikianlah langkah – langkah yang harus dilakukan dalam membuat sebuah cerpen. Intinya adalah buatlah cerpen semenarik mungkin yang dapat memainkan emosi pembacanya tetapi dengan  jalan cerita yang tidak terlalu berat agar pembaca dapat menikmati cerpen kita.
 
Tungggu apalagi ? Ayo segera menulis !
 
Sampai di sini perjumpaan kita kali ini dalam artikel cara atau langkah – langkah menulis cerpen yang baik. Semoga artikel ini dapat memudahkan Sobat dalam menulis cerpen. Terimakasih telah membaca dan sampai jumpa pada artikel menarik lainnya.
Bacalah 7 Langkah Membuat Cerpen Terbaik ! | aria nugraha | 5