Contoh Teks Pidato Kedisiplinan Terbaik

.
.
Contoh teks pidato tentang kedisiplinan- Halo Sobat Prbahasa, jumpa lagi dalam artikel kali ini yang akan menyajikan sebuah contoh teks pidato tentang kedisiplinan. Semoga contoh pidato kedisiplinan ini dapat bermanfaat buat Sobat semua.

Baiklah, Selamat membaca !

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Yang saya hormati Drs. Joni Sunandar selaku kepala sekolah SMAN 24
yang saya hormati seluruh staf dan dewan guru
yang saya banggakan siswa – siswi SMAN 24
selamat siang dan salam sejahtera bagi kita semua
 
Puji syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat sehat kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul di sini dalam acara seminar” Pentingnya Kedisiplinan Dalam Kehidupan”. Solawat serta salam mari kita panjatkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang kita nanti – nantikan syafaatnya di Yaumul Kiyamah amin. 

Pertama – tama izinkan saya memperkenalkan diri, nama saya Nur Iskandar. Dalam kesempatan ini saya ingin berbicara tentang “ Pentingnya Kedisiplinan Bagi Kehidupan Manusia”
 
Hadirin sekalian

Seperti yang kita ketahui bahwa disiplin merupakan sebuah prilaku yang menunjukan perasaan taat, patuh, dan kemauan untuk mengikuti nilai-nilai serta ketetapan yang telah ditentukan. Kata disiplin sangatlah sulit untuk diaplikasikan pada diri sendiri terlebih lagi orang lain. Akan tetapi kedisiplinan merupakan salah satu kunci menuju kesuksesan, baik dalam pendidikan maupun kehidupan sehari-hari. Orang yang disiplin cenderung lebih bertanggung jawab atas apa yang Ia kerjakan. 

Nilai – nilai kedisiplinan harus diajarkan sejak dini, khususnya bagi para siswa. Siswa atau pelajar merupakan generasi penerus bangsa yang harus memiliki kepribadian baik dan bertanggung jawab sehingga dapat membawa Indonesia menjadi lebih baik. Sekolah dan orang tua memiliki peran utama untuk mengajarkan nilai – nilai kedisiplinan pada anak.
 
Hadirin sekalian
 
Sebagaimana yang kita ketahui bahwa setiap sekolah memiliki peraturan – peraturan yang harus dipatuhi baik oleh para siswa, guru, maupun staff sekolah. Khususnya peraturan bagi para siswa, penetapanya bertujuan untuk menciptakan kedisiplinan dan tanggung jawab siswa. Hal ini perlu diperhatikan karena proses pendisiplinan terhadap siswa bukan lah hal yang mudah. Sebagai guru atau seorang pendidik, sebaiknya mengajarkan nilai – nilai kedisiplinan terlebih dahulu sebelum mendisiplinkan siswa sehingga mereka mengerti dan menjalankan hal tersebut dengan penuh suka rela dan rasa bertanggung jawab. 

Dalam proses pendisiplinan di sekolah khususnya untuk para siswa, diperlukan sebuah Lembaga Disiplin Sekolah yang harus bersikap tegas kepada siswa yang melanggar peraturan, Lembaga ini juga berhak memberikan sanksi tegas pada para pelanggar kedisiplinan dengan tujuan meningkatkan dan menciptakan pelajar yang disiplin serta taat pada ketentuan yang sudah ditetapkan.
 
Hadirin sekalian 

Ada dua jenis disiplin yang yang perlu kita ketauhi. Yang pertama yaitu disiplin diri, yang artinya kemauan dari dalam diri sendiri untuk mentaati sebuah ketentuan meski diri kita lebih suka melakukan hal yang lain akan tetapi ada dorongan dari dalam diri  sendiri untuk mengorbankan hal yang kita sukai demi mentaati ketentuan tertentu. 

Sebagai contoh, seorang seseorang  yang sangat meyukai bangun terlambat memilih untuk bangun lebih pagi untuk melaksanakan sholat subuh. Hal ini dipicu oleh adanya kemauan dari dalam diri sendiri untuk menjadi pribadi yang taat kepada Tuhan. Ia rela berkorban untuk meninggalkan kebiasaanya bangun terlambat demi Mentaaati ketentuan yang ada.  

Disiplin diri adalah kunci untuk kedisiplinan lain oleh sebab itu  setiap orang harus memiliki kedisiplinan diri. Jenis disiplin yang kedua yaitu, disiplin sosial, yaitu perilaku disiplin yang di dorong oleh lingkungan sosial seperti sekolah. Di sekolah setiap orang di tuntut untuk mentaati peraturan yang ada atau mereka akan di kenakan sanksi atas hal itu. Rasa takut akan sanksi yang mungkin di dapatkan mendorong mereka untuk menjadi pribadi yang disiplin meskipun dalam diri mereka ada perasaan ketidakmuan akan hal itu.
 
Hadirin sekalian
 
Disiplin memiliki banyak manfaat bagi kehidupn kita menumbuhkan rasa kepekaan, kepedulian, keteraturan, ketenangan, percaya diri, kemandirian, kepatuhan, serta tanggung jawab dalam setiap aspek kehidupan. Perilaku tidak disiplin dapat menyebabkan kerugian bagi orang lain yang ada di sekitarnya, sedangkan perilaku disiplin akan menciptakan manfaat bukan hanya untuk diri kita akan tetapi juga untuk orang lain. 

Oleh karena itu, hadirin sekalian, sebaiknya kita menumbuhkan prilaku disiplin dalam diri kita agar kita dapat bermanfaat untuk diri kita, orang lain serta bangsa dan negara. Baiklah, haidirin sekian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf dan saya ahiri wasalamu’alaikum wr.wb


Demikianlah artikel kali ini tentang contoh naskah pidato kedisiplinan. Terimakasih telah berkunjung dan membaca. Baiklah, sampai jumpa lagi dalam artikel menarik selanjutnya.  
Contoh Teks Pidato Kedisiplinan Terbaik | aria nugraha | 5