Bacalah Contoh Teks Pidato Pendidikan Moral Terbaik !

.
.
Contoh Teks Pidato tentang Pendidikan Moral - Halo Sobat Prbahasa ! Artikel kali ini akan menyajkan sebuah contoh teks pidato singkat mengenai pendidikan moral. Pidato ini dilatarbelakangi oleh mulai rendahnya atau menurunnya moral manusia saat ini.

Nah, Sobat berikut ini adalah contoh pidato pendidikan moral. Semoga teks pidato ini dapat menjadi manfaat bagi Sobat semua. Selamat membaca!
 
Assalamu’alaikum Wr. Wb
 
Yang saya hormati, bapak Antony Sudrajad selaku kepala sekolah, yang saya hormati para guru dan staf yang bertugas, serta teman-teman saya yang saya cintai. 

Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan hidayahnya kita dapat berkumpul di aula yang megah ini dalam keadaan sehat wal ‘afiat tanpa kekurangan suatu apapun. Sholawat serta salam tidak lupa kita panjatkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah menuntun kita dari jaman kegelapan menuju jalan terang benderang. Dalam kesempatan ini saya ingin berbicara tentang pentingnya “Pendikan Moral bagi Anak”
 
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa keadaan moral bangsa Indonesia sangat buruk. Pengaruh dunia barat sangat kuat bagi Indonesia terutama bagi para anak muda. Mereka meniru budaya lain tanpa mempertimbangkan efek negatif dan positifnya, melainkan hanya menerimanya secara mentah – mentah. Bukti adanya kemerosotan moral dapat kita lihat dari banyak hal salah satunya adalah Indonesia termasuk dalam negara terkorup di dunia. Hal ini sangat  memalukan bagi bangsa Indonesia. 

Bukan hanya itu, Indonesia juga mendapatkan termasuk dalam daftar negara dengan tingkat pornografi tinggi. Hal ini tidak sesuai dengan budaya masyarakat Indonesia yang dulu kental akan aturan adat dan agama. Kita juga dapat melihat kemerosotan moral yang terjadi di Indonesia melalui media sosial. Banyaknya kasus kejahatan yang terjadi setiap harinya seperti pelecehan seksual, perampokan, dan bahkan pembunuhan. Saudara – saudara sekalian bahkan saat ini Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender atau yang biasa di sebut LGBT  sedang marak di Indonesia. Para pelaku LGBT mulai menuntut kebebasan. Hal ini sangat berbahaya pada masa depan Indonesia khususnya bagi pemuda Indonesia, oleh karena itu pendidikan moral sangatlah penting.
 
Saudara – saudara sekalian,
 
Pendidikan moral tidak terlepas dari peran para guru dan juga orang tua.  Sebagaimana telah kita ketahui bahwa guru merupakan pendidik bukan hanya memberikan pengetahuan akan tetapi juga memberikan pendidikan moral terhadap para siswanya. Saat ini marak sekali penyimpangan – penyimpangan moral yang dilakukan oleh para pelajar.

Oleh karena itu, sebagai tenaga pendidik, guru bertanggung jaab untuk memperbaiki moral siswanya. Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh pihak sekolah dalam rangka melaksanakan pendidikan moral. Yang pertama, melalui konseling siswa. 

Sebagai guru konseling sebaiknya tidak hanya menangani siswa yang bermasalah akan tetapi seluruh siswa. Melakukan konseling pada seluruh siswa satu – per satu akan menjadi tindakan preventif. Akan lebih baik jika guru konseling memanggil siswa satu demi satu dan mendengar keluhan mereka. Dengan hal ini, guru akan tahu apa yang terjadi pada muridnya sehingga guru akan mengetahui apa yang harus dilakukan sekaligus memberikan penyuluhan. Selain itu, pihak sekolah juga dapat menanamkan kedisiplinan dengan cara memperkuat peraturan dan memberikan hukuman yang tegas pada siswa yang melanggar peraturan.
 
Saudara – saudara sekalian,
 
Bukan hanya pihak sekolah yang bertugas memberikan pendidikan moral akan tetapi juga orang tua. Orang tua memiliki peran terpenting dalam hal ini. Sebagai orang tua, mereka harus memperhatikan setiap detil yang terjadi pada anaknya. Para orang tua sebaiknya meuangkan waktu untuk duduk bersama anaknya dan berbicara seputar kegiatan anaknya sehingga orang tua dapat mengontrol prilaku anak – anak mereka. Akan tetapi ada banyak orang tua yang hanya mementingkan pekerjaan sehingga anak – anak mereka kekurangan kasih sayang dan cenderung melakukan hal – hal yang menyimpang. Hadirin sekalian, keluarga adalah kunci dari terbentuknya karakter anak – anak. Saya berharap Indonesia bisa menjadi negara yang bermoral.
 
Hadirin sekalian,
 
Demikian uraian yang dapat saya sampaikan, saya berharap kita dapat mengambil manfaat dari pidato ini. Saya mohon maaf jika saya melakukan kesalahan baik yang di sengaja maupun tidak di sengaja. wabillahitaufiq wallhidayah Wassalamualaikum Wr.Wb.



Demikianlah contoh pidato mengenai pendidikan moral ini. Sampai di sini perjumpaan kita kali ini dan sampai jumpa pada artikel - artikel menarik selanjutnya.
Bacalah Contoh Teks Pidato Pendidikan Moral Terbaik ! | aria nugraha | 5