2 Contoh Naskah Berita Pendidikan & Bencana Singkat

.
.
Contoh Teks Berita tentang Pendidikan dan Bencana Terbaru- Halo Sobat, tentunya kita sering sekali mendengar berita dalam kehidupan sehari-hari. Nah, apasih sebenarnya berita tersebut ? Berita adalah suatu informasi yang terjadi dan disebarkan ke masyarakat luas melalu media masa, seperti majalah koran, maupun televisi dan radio.

Sobat, artikel kali ini akan memberikan contoh teks berita singkat. Baiklah, tanpa berlama-lama lagi, berikut ini adalah naskah berita hari ini. Semoga contoh teks berita ini dapat menjadi referensi yang bermanfaat. Selamat membaca!


1. Contoh Teks Berita tentang Pendidikan


Kakek 58 Tahun Ikuti Ujian Paket C

Seorang kakek berumur 58 tahun dari Pekanbaru, Riau bernama Zainal, mengikuti ujian nasional paket C. Usianya yang tidak lagi muda, tidak menurunkan semangatnya untuk mendapatkan ijazah  tingkat SMA. Dia mengikuti ujian nasional paket C di SMK Negeri 2 kota Pekanbaru, Riau, Rabu (6/4/2016)
 
Ketika ditanya, alasannya mengikuti ujian paket C, Zainal mengatakan bahwa walaupun Ia sudah tidak lagi layak mengikuti ujian nasional tapi keinginanya untuk mendapat ijazah SMA sangat kuat. Selain itu, dia juga ingin menunjukan kepada anak dan cucunya bahwa usia bukan masalah untuk mendapat ijazah. Hal lain yang menjadi alasan kakek bercucu lima ini untuk engikuti ujian paket C adalah keinginannya untuk mencalonkan diri menjadi kepala desa di kampungnya, “Saya ingin mandiri dan tidak merepotkan anak – anak saya, selain itu saya juga ingin mencalonkan diri menjadi kepala desa dan membutuhkan beberapa persyaratan antara lain ijazah pendidikan terakhir dan beberapa kemampuan akademik tertentu” ujarnya seusai mengikuti ujian, Rabu (6/4/2016)
 
Ketika mata pelajaran Matematika di ujikan, dia mengatakan bahwa dia mampu menjawab semua soal yang diberikan oleh panitia. “Insya Allah saya  mampu menjawab soal-soal tersebut meskipun lumayan sulit, karena saya sudah belajar setiap Jumat, Sabtu, dan Mingggu.” Jawab Zainal.
 
Kakek bercucu lima asal Bengkalis ini memiliki beberapa anak yang lumayan sukses, diantaranya menjadi, pengajar di sebuah pesantren, perawat dan bahkan dokter. Oleh karena itu dia tidak ingin bergantung pada anak – anaknya. “Ini merupakan pembuktian bagi saya, karena saya mau nyalon jadi kades ijazah ini jadi bukti bahwa saya mampu menjadi kades, selain itu saya juga tidak mau bergantung pada anak – anak”, ujarnya ketika ditanya pasal pengadaan Pemilihan Kepala Desa serentak di Bengkalis.
 
Terlepas dari alasan tersebut, dia juga ingin memberikan pelajaran pada orang lain untuk tidak malu mendapatkan pendidikan meski mereka tidak lagi muda. “Belajar itu tidak ada batasannya, waktu, tempat, serta usia bukan halangan untuk dapat mengenyam pendidikan.” Ujarnya hari itu.
 
Zainal hanya satu dari beberapa orang yang sudah berumur namun tetap mengikuti ujian paket C, di antaranya pasangan suami istri, Sumardi (45) dan Murniati (40). Menurut panitia pelaksana ujian nasional di Pekanbaru terdapat lima orang lain yang sudah berumur juga turut berpatisipasi dalam ujian nasional paket C.

 

2. Contoh teks Berita Tentang Bencana Alam.


Longsor Menimpa Rumah Warga


Hujan deras yang mengguyur Desa Clapar, Banjarnegara, Jawa Tengan mengakibatkan sembilan rumah hancur dan memaksa 218 warga mengungsi. Handoko, petugas posko Palang Merah Indonesia daerah Jawa Tengah, melaporkan kepada BBC Indonesia bahwa banyak rumah yang rusak berat bahkan tidak dapat dihuni lagi, sedangkan yang lain ada sekitar 34 rumah rusak ringan dan sedang. Longsor yang terjadi bermula pada hari kamis , dan berlanjut hingga hari jumat dini hari.
 
Pemerintah setempat merelokasi 237 warga, diantaranya anak – anak dan orang tua karena pemerintah khawatir akan ada longsor susulan dikarenakan hujan masih terus turun.  Warga di relokasi kebeberapa tempat, diantaranya Balai Desa Clapar dan serta Taman Kanak – Kanak Pertiwi. 

Menurut Sutopo, Kepala Pusat Data, dan BNPB menyebutkan longsor yang terjadi di daerah Clapar, banjarnegara adalah tipe longsoran merayap atau soil creep yang bergerak perlahan. Dilihat dari kondisi geologi, tempat ini memang rawan bencana longsor. Ia juga mengatakan bahwa daerah dengan kondisi geologi seperti tidak layak untuk menjadi hunian, karena sangat berbahaya.
 
Handoko menyatakan kepada BBC Indonesia bahwa para pengungsi yang tinggal di Balai Desa dan Taman Kanak – Kanak belum memiliki nasib yang jelas karena pemerintah belum menyediakan hunian sementara.
 
Meskipun begitu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah serta Kodim, Polres, dan Tagana setempat mengerahkan 300 personel dalam rangka untuk menanggulangi bencana longsor di Banjarnegara. Selain itu, PMI juga menerjunkan 35 anggotanya demi membantu warga mengungsi ketempat yang lebih aman.




Nah, demikianlah perjumpaan kita kali ini tentang contoh teks berita singkat. Intinya, teks berita merupakan suatu teks yang mengandung beberapa informasi. Baiklah, sampai di sini perjumpaan kita kali ini. Terimakasih telah berkunjung dan membaca. Sampai jumpa kembali pada artikel menarik lainnya.
2 Contoh Naskah Berita Pendidikan & Bencana Singkat | aria nugraha | 5