2 Contoh Teks Laporan tentang Gerhana dan Aurora

.
.
2 Contoh Teks Laporan Tentang Alam Sekitar (Terbaru) - Sobat, pada artikel sebelumnya kita telah membahasa mengenai pengertian dan ciri teks laporan, dan perbedaan teks laporan dan teks deskripsi. Nah, artikel kali akan menyajikan dua buah contoh teks laporan.

Baiklah, tanpa membuang waktu lagi, di bawa h ini adalah dua buah teks laporan tentang gerhana matahari dan aurora. Selamat membaca!


 

Gerhana Matahari


Gerhana matahari terjadi ketika posisi matahari, bulan, dan bumi berada dalam satu garis lurus, atau dengan kata lain posisi bulan tepat berada di antara matahari dan bumi. Saat bulan berada di tengah-tengah matahari dan bumi, cahaya matahari akan menutupi bumi dan menyebabkan sebagian bumi terlihat gelap.
 
Terdapat beberapa jenis gerhana mathari, yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, gerhana matahari cincin, dan gerhana matahari hibrida. Gerhana matahari total terjadi ketika piringan bulan sepenuhnya menutupi piringan matahari secara total. Gerhana matahari terjadi saat puncak gerhana dan ukuran piringan bulan sama atau lebih besar dari piringan matahari. Pada saat tersebut, cahaya matahari sepenuhnya tertutup oleh bulan sehingga bumi terlihat gelap seperti saat malam hari untuk ebeberapa menit. 

Gerhana matahari sebagian terjadi ketika piringan bulan tidak sepenuhnya menutupi piringan matahari (hanya sebagian). Ketika hal ini terjadi, matahari akan terlihat seperti bulan sabit karena sebagian permukaannya tertutupi oleh bulan. Gerhana matahari cincin hampir sama seperti gerhana matahari total, tetapi perbedaannya adalah gerhana matahari cincin terjadi ketika puncak gerhana dan ukuran piringan bulan sedikit lebih kecil dari ukuran piringan matahari. Piringan bulan tidak sepenuhnya menutupi piringan matahari sehingga cahaya matahari masih terlihat di sekitar piringan bulan seperti cincin yang besinar dan hal inilah yang membuat gerhana matahari cincin sangat indah. 

Gerhana matahari hibrida terjadi ketika pada sebagian titik tertentu di permukaan bumi gerhana ini telihat sebagai gerhana matahari total sedangkan pada sebagian titik yang lain gerhana ini terlihat sebagai gerhana matahari cincin.
 
Meskipun gerhana matahari sangat indah dan merupakan hal yang sangat jarang terjadi, namun melihat langsung ke arah matahari saat gerhana matahari terjadi merupakan hal yang sangat membahayakan. Hal ini dikarenakan saat terjadi gerhana matahari, bagian fotosfer matahari (bagian yang memamcarkan cahaya terang seperti cincin) memancarkan radiasi yang sangat tinggi yang tidak terlihat oleh mata yang mengakibatkan kerusakan pada retina mata dan dapat menyebabkan kebutaan jika dilihat secara langsung. Masyarakat sebaiknya menggunakan kacamata khusus saat menyaksikan gerhana matahari.

 

Aurora


Aurora merupakan peristiwa alam yang sangat menakjubkan. Aurora adalah pancaran cahaya dengan berbagai warna yang menyala pada lapisan ionosfer karena adanya interaksi antara medan magnetik dari sebuah planet dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari.
 
Di planet bumi, auora terjadi di daerah sekitar kutub utara dan kutub selatan, karena daerah tersebut merupakan pusat medan magnet di planet ini. Aurora yang terjadi di kutub utara dinamakan Aurora Borealis, sedangkan aurora yang terjadi di kutub selatan dinamakan Aurora Australis. Saat terjadinya aurora ini berubah-ubah tergantung dari cuaca, lokasi, polusi, dan cahaya matahari.
 
Waktu yang paling indah untuk menyaksikan fenomena alam ini adalah pada bulan Maret hingga Oktober, karena pada bulan-bulan ini cuaca cerah dan langit malam terlihat sangat gelap sehingga cahaya aurora terlihat sangat jelas, terang, dan indah. Aurora dapat dilihat di beberapa negara yang berlokasi dekat dengan kutub utara dan kutub selatan, seperti Alaska, Kanada, Australia, dan sebagainya. Aurora akan terlihat sangat indah pada saat tengah malam. 

Hal ini dikarenakan saat tengah malam langit terlihat sangat gelap sehingga warna-warna aurora terlihat jelas dan indah. Warna-warna yang dipancarkan aurora berbeda-beda tergantung dari ketinggian tempat dan jenis molekul yang ada di atmosfer. Warna-warna yang sering dipancarkan aurora yakni kuning, hijau,dan merah yang dihasilkan oleh oksigen di atmosfer, dan warna biru muda dan merah keunguan yang dihasilkan oleh nitrogen di atmosfer.






Demikianlah artikel kali ini mengenai contoh teks laporan. Semoga contoh teks di atas dapat menjadi referensi yang berguna untuk Sobat dalam membuat teks laporan. Baiklah, terimakasih telah membaca, dan sampai jumpa lagi pada artikel-artikel menarik lainnya.
2 Contoh Teks Laporan tentang Gerhana dan Aurora | aria nugraha | 5