Bacalah 5 Tips Menulis Cerpen Terbaik !

.
.
Kiat-Kiat Menulis Cerpen Terbaik - Halo Sobat, Menulis cerpen adalah hal yang tidak terlalu sulit untuk dilakukan karena jumlah kata dan halaman dalam cerpen pada umumnya lebih sedikit dibandingkan dengan novel. Cerpen hanya terdiri dari puluhan lembar, sedangkan novel dapat terdiri dari beratus-ratus lembar. 

Namun, menulis cerpen tidak lah semudah yang kita pikirkan. Menulis cerpen akan menjadi hal yang mudah dan menyenangkan, apabila kita mengetahui kiat-kiat dan cara menulis cerpen yang baik. Nah, berikut ini adalah cara menulis cerpen yang baik, selamat membaca!
 

Kiat-kiat Menulis Cerpen


1. Carilah Inspirasi

Inspirasi dalam menulis cerpen bisa datang di mana saja dan kapan saja. Inspirasi dapat diperoleh dari kejadian yang terjadi di sekitarmu. Kejadian-kejadian sederhana yang terjadi sehari-hari di lingkungan mu dapat menjadi bahan untuk menulis cerpenmu. Kamu juga dapat membayangkan tentang karakter, tempat, dan alur cerita yang akan kamu buar dengan sedikit sentuhan imajinasi. 

Selain itu, kamu bisa mendiskusikan tema atau topik yang baik untuk cerpenmu dengan keluarga atau temanmu. Inspirasi menulis cerpen juga lebih mudah diperoleh dari pengalaman mu sendiri. Dari pengalaman-pengalaamn yang pernah kau alami dan ditambah sedikit imajinasi, cerpen akan menjadi lebih menarik karena cerita nya mencakup kejadian yang terjadi di kehidupan sehari-hari.
 

2. Batasi Ide

Menulis cerpen sangatlah berbeda dengan menulis novel. Menulis cerpen dapat dilakukan dalam waktu singkat karena cerpen pada umunya terdiri dari satu atau beberapa ide dan tema cerita. Lain halnya dengan novel yang mempunyai belasan ide dan tema cerita yang panjang dan relatif rumit. 

Cobalah untuk fokus pada satu masalah dan kembangkan masalah tersebut sesuai dengan plot cerita. Hindari untuk menambah masalah lain dalam cerpen mu karena hal tersebut akan membuat cerita dalam cerpen mu semakin rumit dan panjang.
 

3. Sesuaikan dengan Plot Cerita

Dalam membuat cerpen, hal lain yang penting untuk diperhatikan adalah plot cerita. Kamu dapat menulis cerpen degan baik dengan fokus memikirkan alur cerita yang terdiri dari pembukaan, permasalahan yang mulai muncul, puncak permasalahan, pengenalan solusi untuk masalah tersebut, masalah baru timbul lagi, kemudian solusi untuk masalah tersebut, penutup. Menulis cerpen dengan membuat draft atau coretan mengenai plot cerita mu akan mempermudahmu dalam pembuatan cerpen.
 

4. Batasi Jumlah Karakter

Berimajinasi dalam menulis cepen itu boleh, tetapi ada beberapa hal yang harus di perhatikan, salah satunya yaitu jumlah karakter. Dalam menulis cerpen, jumlah pemain atau karakter harus di batasi. Mengapa? Karena dengan memasukkan sebuah karakter dalam cerpen, si penulis cerpen akan menggambarkan tokoh tersebut seraca rinci seperti wataknya, sifatnya, penggambaran bentuk wajah, tubuh, dan lain-lain, yang membuat pembaca menjadi lebih paham akan sosok si karakter tersebut. 

Akan tetapi, semakin banyak tokoh atau karakter dalam cerpen, akan semakin banyak pula penggambaran yang di lakukan. Hal ini harus dihindari agar tidak terjadi banyak fokus dalam cerpen. Idealnya, para pembaca harus fokus kepada satu tokoh atau karakter utama dalam cerpen yang kamu buat.
 

5. Buatlah Cerpen Menarik di Bagian Awal dan Akhir

Tampilan luar sebuah benda biasanya daalh hal pertama yang dilohat oleh seorang pembeli. Begitu pula cerpen, hal pertama yang dilihat oleh pembaca adalah bagian awal cerpen tersebut. Para penikmat cerpen biasanya akan tertarik untuk membaca cerpen dari paragraf pertama cerpen tersebut. Mereka biasanya tidak tertarik untuk membaca cerpen hingga akhir dikarenakan awalan cerpen yang terlalu biasa atau cerita nya tidak menarik dan sudah sering di ceritakan sehingga membuat bosan. 

Tetapi, jiika awal dari cerpen tersebut sudah membuat pembaca penasaran, mereka akan tertarik untuk membacanya hingga akhir. Oleh karena itu, cobalah untuk membuat cerpen menarik di bagian awal dengan memberikan kalimat-kalimat pendek agar para pembaca penasaran dengan isi cerita dalam cerpen.
 
Hal lain yang terpenting adalah twist ending. Twist ending atau sentakan di akhir adalah hal yang paling menarik dan di tunggu oleh para pembaca. Perlu diingat juga bahwa cerpen menceritakan suatu permasalahan dalam kehidupan, jadi tidak perlu untuk membuat ending menggunakan kata ‘pada akhirnya..’ atau ‘begitulah kisahnya, ...’. Akhir dari sebuah cerpen haruslah memberi kesan tersendiri bagi sang pembaca. 

Kesan yang ditimbulkan dapat bermacam-macam, seperti akhir yang bahagia, sedih atau pun penasaran. Para pembaca biasanya suka dengan hal yang membuat penasaran dan akhir yang ‘greget’ dan ‘gantung’. Jadi, cobalah untuk membuat sentakan di akhir cerpen yang membuat para pembaca berkata ‘oh, jadi ternyata..’
 





Nah, demikian beberapa tips menulis cerpen yang baik, semoga dapat bermanfaat bagi para penulis yang sedang belajar menulis cerpen. Selain kiat-kiat di atas, kiat lain yang dapat membantu para penulis dalam menulis cerpen adalah dengan rajin membaca berbagai jenis cerpen sehingga dapat memperluas wawasan mengenai cerpen yang baik dan menarik.

Sobat, selain tips-tips di atas, Anda juga dapat membaca beberapa cerpen menarik di dalam blog ini. Nah, berikut ini adalah kumpulan cerpen menarik yang dapat Anda baca:


Baiklah, terimakasih telah membaca dan sampai jumpa pada artikel-artikel menarik lainnya. Sobat, teruslah belajar!
Bacalah 5 Tips Menulis Cerpen Terbaik ! | aria nugraha | 5