Langkah-langkah Menulis Pokok Berita dan Contoh

.
.
Panduan dan Contoh Menulis Pokok-Pokok Berita - Sobat, Berita merupakan suatu informasi yang disampaikan kepada para pembaca atau para pendengar secara lisan maupun tulisan. Berita yang disampaikan dalam bentuk lisan yaitu berita dari radio, dari televisi, dari teman dekat, dari media online yang disampaikan secara lisan, dan sebagainya. Sedangkan berita yang disampaikan dalam bentuk tulisan yaitu berita dari surat kabar, media online yang berupa tulisan, dan lain-lain.
 
Nah, berita memuat informasi yang penting nagi para pembaca atau para pendengar. Oleh karena itu, menemukan inti dari berita (pokok-pokok isi berita) merupakan hal yang penting. Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah dalam mencari pokok berita.
 

A. Langkah-Langkah Mencari Pokok Berita


Ada tiga langkah dalam mencari inti atau pokok berita, yaitu:
 

1. Dengarkan atau baca berita

Langkah pertama dalam menemukan inti atau pokok berita yang aktual yaitu tentu saja dengan mendengaran atau membaca suatu berita. Cobalah untuk mendengarkan atau membaca berita tersebut secara seksama. Dengarkan atau bacalah berita tersebut secara berulang-ulang jika perlu agar berita dapat dipahami secara jelas (berita di surat kabar atau media online yang dapat didengar atau dibaca secara berulang-ulang).
 

2. Carilah inti berita

Langkah selanjutnya yaitu mencari inti berita. Inti dari suatu berita dapat dicari dengan menggunakan pedoman 5W + 1 H yang mencakup pertanyaan-pertanyaan yang memuat inti berita. berikut akan dijelaskan mengenai pertanyaan-pertanyaan tersebut.
 
Pertanyaan:
 
•    What (Apa)
Apa yang terjadi dalam suatu berita?

•    When (Kapan)
Kapan kejadian tersebut terjadi?

•    Where (Dimana)
Dimana kejadian tersebut terjadi?

•    Who (Siapa)
Siapakah yang terlibat dalam kejadian tersebut?

•    Why (Kenapa)
Kenapa kejadian tersebut terjadi?

•    How (Bagaimana)
Bagaimana kejadian tersebut dapat terjadi?
 
Pertanyaan-pertanyaan tersebut haruslah kita cari jawabannya ketika kita sedang mendengarkan atau membaca suatu berita. Jika berita tersebut disampaikan secara lisan, maka buku catatan perlu disiapkan untuk mencatat jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut. Sedangkan jika berita tersebut disampaikan secara tulisan, maka mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut akan lebih mudah dengan cara menggaris bawahi jawaban dalam berita tersebut.
 

3. Buatlah ringkasan

Langkah terakhir dalam menulis inti atau pokok berita yaitu dengan membuat ringkasan dari berita tersebut. Ringkasan berita dapat dibuat dengan menggabungkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan 5W + 1H yang telah dicari sebelumnya.

 

B. Contoh Menulis Pokok-Pokok Berita


Bacalah berita 5w 1h tentang relokasi rumah dibawah ini!
 
Warga Kawasan Pasar Ikan Direlokasi
 
Kawasan Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, telah digusur Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada Senin (11/4/2016) lalu. Sebagian warga direlokasi ke Rusun Rawa Bebek, Cakung, Jakarta Timur dan sebagian lainnya bersikukuh untuk tetap tinggal di perahu di sekitar lokasi penggusuran.
 
Warga yang memilih direlokasi ke Rusun Rawa Bebek mengatakan bahwa rusun yang mereka tempati cukup nyaman. Mereka juga menyebut fasilitasnya memadai.
 
Sapiudin, salah satu warga kawasan Pasar Ikan yang sekarang menjadi penghuni rusun, mengatakan bahwa rusun tempat mereka tinggal nyaman dan lingkungannya sehat. Ia juga mengatakan bahwa ia setiap pagi bisa olahraga keliling rusun.

 

Pokok-pokok berita


Pokok-pokok berita menggunakan pedoman 5W + 1H:
 
•    What (Apa)
 “Sebagian warga direlokasi ke Rusun Rawa Bebek, Cakung, Jakarta Timur.”

•    When (Kapan)
 “Peristiwa tersebut terjadi pada hari Senin, 11 April 2016”

•    Where (Dimana)
 “Peristiwa tersebut terjadi di Kawasan Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara”

•    Who (Siapa)
“Warga Kawasan Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara.”

•    Why (Kenapa)
“Peristiwa tersebut terjadi karena Kawasan Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, telah digusur Pemerintah Provinsi DKI Jakarta”

•    How (Bagaimana)
“Sebagian warga Kawasan Pasar Ikan telah direlokasi ke Rusun Rawa Bebek dan sebagian lainnya bersikukuh untuk tetap tinggal di perahu di sekitar lokasi penggusuran. Warga yang memilih direlokasi mengaku rusun yang mereka tempati cukup nyaman dan fasilitasnya memadai.”

 

Kesimpulan


Berita diatas mengungkapkan bahwa warga Kawasan Pasar Ikan telah direlokasi ke Rusun Rawa Bebek, Cakung, Jakarta Timur pada hari Senin, 11 April 2016. Peristiwa tersebut terjadi di Kawasan Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara. Relokasi warga Kawasan Pasar Ikan disebabkan Kawasan Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, telah digusur Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Sebagian warga direlokasi ke Rusun Rawa Bebek dan sebagian lainnya memutuskan untuk tetap tinggal di perahu di sekitar lokasi penggusuran. Warga yang memilih direlokasi mengatakan bahwa rusun yang mereka tempati cukup nyaman. Mereka juga menyebut fasilitasnya memadai




Nah, demikianlah pembahasan artikel kali ini mengenai panduan menulis dan contoh pokok berita. Sobat, cobalah berlatih menulis pokok berita tentang pendidikan dan bencana berikut ini agar Sobat menjadi fasih dalam menemukan pokok berita.

Semoga artikel kali ini dapat menjadi referensi yang baik untuk Sobat semua. Baiklah, sampai di sini perjumpaan kita kali ini. Terimakasih telah membaca dan sampai berjumpa lagi dalam artikel menarik lainnya
Langkah-langkah Menulis Pokok Berita dan Contoh | aria nugraha | 5