Bacalah Perbedaan Teks Laporan dan Deskripsi !

.
.
Perbedaan Teks Laporan dan Teks Deskripsi - Sobat, teks laporan dan deskripsi adalah dua jenis teks yang serupa tapi tidak sama. Hal ini menyebabkan kita sering kali salah dalam menetukan apakah suatu teks merupakan teks laporan ataukah teks deskripsi.

Nah, kali ini tidak usah khawatir karena artikel ini akan membahas tentang perbedaan antara teks laporan dan teks deskripsi. Selain itu, ada pula struktur teks dan contoh teks laporan dan deskripsi. Baiklah, tanpa berlama-lama lagi, selamat membaca!


A. Teks Laporan


Teks laporan merupakan teks  hasil observasi atau pengamatan mengenai suatu objek. Teks ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai suatu objek secara umum dan juga sub-sub bagian pada objek tersebut. Teks laporan juga disebut sebagai teks klasifikasi karena teks ini pada umumnya mengklasifikasikan sesuatu berdasarkan jenisnya untuk di laporkan secara umum, misalnya candi, kuda, bunga melati, dsb.
 
Struktur Teks Laporan
 
  1. Pernyataan dari objek yang akan di klasifikasikan secara umum
  2. Aspek dari objek yang akan dilaporkan


Contoh Teks Laporan
 

Pohon Bakau 


Pohon bakau merupakan tumbuhan tropis yang hidup di daerah pantai. Pohon ini mempunyai akar yang berbeda dari jenis pohon lain berupa akar udara dan memiliki penyaringan garam di dalamnya sehingga memungkinkan tumbuhan ini hidup di air payau. Pohon ini biasanya ditanam di sekitar pantai yang berfungsi sebagai penagkal abrasi dan sebagai perlindungan dari terjadinya tsunami.
 
Pohon bakau memiliki beberapa jenis, diantaranya ada pohon bakau yang tahan hidup di air laut dan pohon bakau yang tumbuh subur jika ditaman di daerah dekat dengan sumber air tawar, seperti sungai. Selain itu, terdapat jenis pohon bakau yang lebih suka hidup di daerah yang terhindar dari gelombang laut. Akan tetapi ada juga jenis pohon bakau yang akarnya berada dibawah permukaan air laut selama air laut pasang, serta ada beberapa jenis pohon bakau yang dapat hidup di daerah kering tapi masih bagain dari ekosistemnya. Di India pernah dilaporkan terdapat jenis langka dari pohon bakau yang memiliki akar seperti kaca dikarenankan akarnya yang terlihat seperti dilapisi perak.
 


Burung 

Burung merupakan hewan yang dapat terbang. Burung adalah hewan vertebrata dan berdarah panas. Burung diklasifikasikan kedalam kelompok aves dan dapat dijumpai di seluruh dunia. Hewan ini bernapas menggunakan kantong udaranya. Kantong udara ini selain berfungsi untuk pernapasan, juga berfungsi sebagai pengatur berat badannya untuk menambah dan mengurangi berat badannya ketika terbang. Burung memiliki beberapa jenis. Beberapa jenis burung memakan biji, buah, serbuk sari, ikan atau daging.

 

B. Teks Deskripsi


Teks ini menyuguhkan bahasa-bahasa yang mudah dimengerti dan mendetail sehingga para pembaca akan membayangkan objek yang digambarkan dalam sebuah teks deskripsi. Berbeda dengan teks laporan, teks ini menggambarkan suatu objek secara khusus dan mendetail pada bagian-bagiannya secara faktual.
 
Struktur Teks Deskripsi

  1. Pernyataan dari objek yang akan digambarkan secara khusus
  2. Identifikasi dari objek (bagian-bagian dari objek tersebut)

Contoh teks Deskripsi
 

 
Acanthus Ilifolius 

Acanthus Ilifolius merupakan salah satu jenis pohon bakau yang ada di Indonesia. Tumbuhan jenis ini dapat ditemui di daerah pantai dan sangat jarang ditemui di daratan. Ia memiliki akar udara dengan sedikit percabangan dan biasanya cabang-cabang tersebut muncul ketika pohon ini sudah mulai tua. 

Daunnya bergerigi pada bagian pinggir seperti gergaji dan menyempit hingga ke bagian pangkal daun dengan permukaan daun terasa halus.  Bunga dari tumbuhan memiliki variasi warna, mulai dari biru muda hingga keungu-unguan. Tumbuhan ini juga memiliki buah yang yang berbentuk bulat lonjong seperti buah melinjo dengan warna buah hijau cerah dan permukaan yang mengkilat ketika masih muda.
 


 
Burung Cendrawasih 

Burung cendrawasih adalah salah satu jenis burung. Burung jenis ini merupakan burung yang hanya dapat ditemui di Indonesia, tepatnya di pulau Papua, daerah Indonesia Timur. Burung cendrawasih memiliki suara yang indah pada pejantan. Selain itu, burung cendrawasih pejantan memiliki bulu yang indah yang befungsi untuk menarik perhatian para betina. Bulu dari burung cendrawasih ini memiliki beragam warna campuran, seperti kuning, hitam, kemerahan, coklat, orange, hijau, dan ungu. Para pejantan burung cendrawasih biasanya akan melakukan tarian untuk menarik perhatian para betina.
 

C. Perbedaan Teks Laporan dan Teks Deskripsi




Teks Laporan
Teks Deskripsi
Menjelaskan objek secara umum
Menjelaskan objek secara khusus
Bersifat umum dan universal
Bersifat khusus dan unik
Menekankan pada pengelompokan jenis dari suatu objek
Menekankan pada perincian jenis dari suatu objek
Menjelaskan bagian dan sub-sub bagian dari suatu objek
Menjelaskan ciri-ciri suatu objek (karakteristik, sifat, ukuran, dll)
Berdasarkan hasil observasi / pengamatan
Berdasarkan hasil faktual (tidak perlu melakukan pengamatan)



Nah, Demikianlah pembahasan artikel kali ini mengenai perbedaan teks laporan dan teks dekripsi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat Sobat semua. Terimakasih telah membaca dan sampai jumpa lagi pada artikel-artikel menarik lainnya.
Bacalah Perbedaan Teks Laporan dan Deskripsi ! | aria nugraha | 5