Membaca Ekstensif: Pengertian, Jenis, dan Teknik Lengkap

.
.
Pengertian Membaca Ekstensif dan Penjelasan Lengkap - Sobat, membaca adalah kegiatan yang sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan wawasan kita. Taukah Anda bahwa ada salah satu teknik membaca yang disebut dengan membaca ekstensif?

Nah, apakah yang dimaksud dengan membaca ekstensif, jenis-jenis membaca ektensif, dan teknik membaca ektensif ? Artikel kali ini akan mengupas tuntas tentang teknik membaca ini. Baiklah, selamat membaca!

Definisi Membaca Ekstensif


Membaca ekstensif atau yang disebut dengan membaca sekilas merupakan salah satu teknik membaca dalam hati. Membaca menggunakan teknik ini yaitu dengan membaca suatu teks atau wacana secara cepat dan menyeluruh untuk mendapatkan isi atau makna yang tertera dalam teks atau wacana tersebut. Membaca ekstensif juga sering disebut sebagai membaca cepat (membaca scanning). 

Terdapat dua hal yang harus diperhatikan dalam membaca cepat, yaitu bahan bacaan atau teks yang akan dibaca biasanya beraneka ragam dan luas, dan waktu untuk membaca teks tersebut haruslah singkat.


A. Tujuan


Beberapa tujuan dalam membaca ekstensif atau membaca cepat, yaitu:
  1. Untuk menemukan isi suatu teks atau wacana dalam waktu yang terbatas (singkat)
  2. Untuk memahami isi suatu buku secara singkat dengan mengetahui garis besarnya saja
  3. Untuk memperoleh pemahaman yang dangkal dengan mengetahui inti dari suatu bacaan
  4. Untuk mengetahui kesan pembaca mengenai suatu teks atau bacaan atau
  5. Untuk menemukan referensi yang tepat

B. Jenis Membaca Ekstensif


Terdapat beberapa jenis membaca ekstensif, yaitu:
 

1. Membaca Sekilas

Membaca sekilas atau yang disebut dengan membaca skimming merupakan jenis teknik membaca ekstensif yang dilakukan dengan cara membaca suatu bacaan atau artikel atau buku secara cepat untuk menemukan hal-hal yang penting yang hendak dicari dalam bacaan atau buku tersebut. Cara membaca sekilas ini digunakan untuk mencari hal-hal penting dalam suatu bacaan, seperti topik atau gagasan umum, dan juga untuk memperoleh kesan umum dari suatu bacaan.
 

2. Membaca Dangkal

Membaca dangkal merupakan salah satu jenis membaca ekstensif yang bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang dangkal dan tidak terlalu mendalam. Oleh karena itu, bacaan yang hendak dibaca menggunakan teknik membaca dangkal ini haruslah yang bersift ringan, contohnya cerpen, novel, komik, dsb. Membaca dangkal ini dilakukan pada saat santai dan untuk menghibur diri.
 

3. Membaca Survey

Membaca survey merupakan teknik membaca ekstensif yang dilakukan dengan cepat. Membaca survey biasanya dilakukan untuk mengetahui gambaran umum suatu bacaan, misalnya dengan membaca judul dan nama pengarang sebuah novel serta sinopsisnya. Selain itu, membaca survey juga digunakan untuk melihat gambaran umum, anatomi (pendahuluan, isi, penutup), dan mutu sebuah buku. Membaca survey ini perlu dilakukan guna menemukan suatu bacaan atau buku yang cocok bagi para pembaca yang mengandung informasi yang diperlukan bagi mereka.

 

C. Teknik Membaca Ekstensif


Sobat, ada beberapa jenis teknik dalam membaca ekstensif, diantaranya adalah selecting, skipping, skimming, dan scanning. Di bawah ini adalah pejelasan mengenai jenis-jenis teknik membaca ektensif.

Teknik baca-pilih (selecting) 

Teknik ini merupakan teknik membaca dengan cara memilih bagian-bagian dari sebuah bacaan atau buku yang mengandung informasi yang diperlukan dan tidak harus membaca bacaan atau buku tersebut secara keseluruhan.

Teknik baca-lompat (skipping) 

Teknik ini merupakan teknik membaca dengan cara melompati bagian-bagian dari suatu bacaan atau buku yang dianggap tidak mengandung informasi yang diperlukan oelh para pembaca.

Teknik baca-layap (skimming)

Teknik ini merupakan teknik membaca dengan cara membaca sekilas suatu bacaan atau buku secara menyeluruh untuk mengetahui gambaran umum dari bacaan atau buku tersebut, misalnya mengetahui topik bacaan, isi suatu buku, dan hal-hal penting lainnya.

Teknik baca-tatap (scanning) 

Teknik ini merupakan teknik membaca dengan cara sekilas dan cepat tetapi teliti. Teknik baca scanning dilakukan untuk mengetahui informasi khusus dalam suatu bacaan, misalnya mencari arti kata dalam kamus, mencari suatu istilah dalam ensiklopedi, dan mencari tempat wisata dalam daftar perjalanan.

 

D. Hal-Hal yang Mengurangi Kecepatan Membaca Ekstensif


Ada beberapa hal yang dapat mengurangi kecepatan seseorang dalam membaca suatu bacaan menggunakan teknik membaca ekstensif, yaitu:
  1. Menggerakkan bibir tetapi tidak bersuara ketika membaca
  2. Jari tangan menunjuk tulisan yang sedang dibaca
  3. Mengeluarkan suara ketika membaca
  4. Mata kembali melihat kata-kata yang telah dibaca sebelumnya
  5. Kepala bergerak mengikuti bacaan yang sedang dibaca

 


Demikianlah pengertian membaca ekstensif dan penjelasan lengkapnya. Intinya, membaca ektensif adalah teknik membaca yang dapat membantu Sobat semua dalam menemukan makna atau inti dari suatu teks dengan cepat dan akurat. Semoga bermanfaat!

Baiklah, sampai di sini perjumpaan kita kali ini. Terimakasih telah berkunjung dan membaca, dan sampai berjumpa kembali pada artikel-artikel menarik lainnya.
Membaca Ekstensif: Pengertian, Jenis, dan Teknik Lengkap | aria nugraha | 5