Bacalah Pengertian Alenia dan Penjabaran Lengkap

.
.
Pengertian alenia dan penjabaran lengkap - Halo Sobat Bahasa! Tentunya kita sering sekali mendengar kata-kata alinea. Namun, apasih yang dimaksud dengan alinea tersebut?

Nah, artikel kali ini akan membahas mengenai alinea, dimulai dari pengertian alinea, fungsi, syarat. dan jenis alinea. Baiklah, tanpa membuang waktu lagi, di bawah ini adalah pejabaran tentang alinea lengkap.
Selamat membaca!

 

A. Pengertian Alenia

Alenia atau disebut juga dengan paragraf, merupakan suatu bagian dari sebuah teks yang memisahkan satu sub ide dengan sub ide lainya. Sebagaimana kita ketahui bahwa dalam suatu teks terdapat ide pokok dan beberapa sub ide yang mendukung ide pokok. 

Sub ide terletak pada setiap paragraf, akan tetapi dalam setiap paragraf yang baik, selalu ada ide pokok paragraf, dan ide pokok paragraf berbeda dengan ide pokok teks. Alenia atau paragraf  biasanya terdiri dari satu kalimat utama dan beberapa kalimat pendukung, dengan kata lain alenia merupakan kumpulan dari beberapa kalimat. 

Kalimat- kalimat dalam alenia tidak hanya kalimat asal, akan tetapi harus memiliki kesatuan dan kepaduan. Sebuah alenia yang memiliki kesatuan adalah alenia yang mana setiap kalimatnya membicarakan ide atau gagasan yang sama atau disebut juga gagasan tunggal. Sedangkan kepaduan berarti setiap kalimat di dalamnya solid atau kompak mendukung gagasan utama. 

Jika dalam suatu alenia terdapat kalimat yang tidak solid dengan gagasan yang sedang dibahas dalam wacana tersebut maka, tidak bisa disebut dengan alenia yang baik. Contohnya, jika kita akan menulis sebuah wacana tentang bahaya merokok, maka setiap kalimat yang ada dalam alenia seluruhnya harus mendukung gagasan bahaya merokok. 

Namun, jika ada satu kalimat yang tidak mendukung gagasan tersebut maka sebaiknya kalimat tersebut dibuang sehingga wacana atau khususnya alenia yang kita buat menjadi suatu kepaduan. Dalam suatu wacana alenia di tandai dengan baris pertama yang sedikit menjorok kedalam. Atau bisa juga di tandai dengan pemberian  spasi / jarak lebih antar paragraf.
 

B. Fungsi Alenia atau Paragraf


Alenia atau paragraf memiliki fungsi sebagai berikut:

1. Memperjelas suatu gagasan
 
Dengan adanya alenia dalam suatu wacana akan memudahkan penulis untuk menjelaskan gagasan mereka pada pembaca, karena penulis bisa memperkuat atau memperjelas setiap poin dari suatu gagasan melalui kalimat-kalimat pendukung yang diletakan di dalam setiap alenia
 
2.Memisahkan dan menegaskan gagasan
 
Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa setiap alenia memiliki gagasan utama yang mendukung suatu tema dari wacana. Dengan adanya alenia, setiap gagasan pendukung tema akan dipisahkan sehingga memudahkan pembaca untuk fokus dalam setiap ide utama. Selain itu, alenia juga mempertegas suatu gagasan karena dipisahkan dari gagasan yang lain.
 

C. Syarat Alenia


1. Kesatuan 

Kesatuan dalam suatu paragraf hanya diperbolehkan memiliki satu gagasan utama untuk dibicarakan, jika dalam suatu paragraf terdapat pernyataan yang keluar dari gagasan utama maka paragraf tersebut tidak bisa dikatakan memiliki satu kesatuan.

2. Kepaduan

Kepaduan atau koherensi, maksudnya dalam suatu paragraf kalimat-kalimat di dalamnya harus berkesinambungan, dengan cara menggunakan kata penghubung, frasa penghubung dan repetisi.


D. Jenis-jenis alenia


1. Menurut letak gagasan utama

a. Paragraf deduktif
 
Paragraf deduktif yaitu sebuah paragraf yang mana letak gagasan utamanya berada di awal  paragraf. Dalam penyajianya, ide pokok di sebutkan terlebih dahulu kemudian menyusul uraian.

b. Paragraf induktif
 
Paragraf induktif yaitu sebuah paragraf yang mana letak gagasan utamanya berada di bagian ahir paragraf. Paragraf induktif menyajikan uraian terlebih dahulu kemudian baru gagasan pokok. 

c. Paragraf campuran
 
Paragraf campuran disebut juga paragraf deduktif – induktif. Yaitu paragraf yang meletakan gagasan utamanya di awal dan di ahir paragraf.

d. Paragraf penuh kalimat utama.
 
Paragraf ini adalah paragraf yang kalimat utamanya tersebar di seluruh bagian paragraf.


2. Menurut sifat isinya

a. Paragraf persuasif : 
Paragraf yang isinya bertujuan untuk mengajak atau mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu.

b. Paragraf argumentasi:
Paragraf yang membahas tentang suatu masalah yang kemudian di dukung oleh bukti-bukti tertemtu

c. Paragraf naratif
Paragraf yang menarasikan suatu peristiwa.

d. Paragraf deskriptif
Paragraf yang menggambarkan suatu hal sehingga pembaca bisa membayangkan keadaan asli dari sesuatu tersebut

e. paragraf eksposisi
Paragraf yang menyajikan atau memaparkan sebuah fakta




Demikianlah artikel kali ini mengenai alinea. Tentunya setelah membaca ini, Sobat telah paham mengenai alinea, kan? Intinya, alinea adalah bagian yang memisahkan sub-sub ide di dalam sebuah teks. 

Baiklah, sampai di sini perjumpaan kita kali ini mengenai pembahasan alinea lengkap. Semoga artikel ini bisa menjadi bahan pembelajaran yang berguna bagi Sobat semua. Terimakasih telah membaca dan sampai berjumpa lagi dalam artikel-artikel menarik lainnya. 
Bacalah Pengertian Alenia dan Penjabaran Lengkap | aria nugraha | 5