Bacalah Contoh Cerita Anekdot dan Penjelasannya

.
.
Pengertian dan Contoh Cerita Anekdot - Halo Sobat, pernahkah Anda membaca cerita-cerita lucu yang membuat Anda tertawa terbahak-bahak. Nah, cerita tersebut termasuk ke dalam teks anekdot. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai apa itu anekdot. 
Baiklah, selamat membaca!


A. ANEKDOT


Pengertian Cerita Anekdot

Cerita anekdot adalah cerita yang digunakan untuk menarik perhatian pembaca dengan jenis sisi komedi di dalamnya. Cerita anekdot bisa juga disebut dongeng, karena cerita ini biasanya merupakan sebuah fiksi atau tidak nyata. Cerita anekdot menimbulkan gelak tawa bagi orang yang mendengar atau membaca cerita ini. Si penulis biasanya membuat cerita anekdot ini dengan pemilihan diksi yang konyol sehingga pembaca tertarik. 


Tujuan Teks Anekdot

Cerita anekdot atau bisa juga disebut sebagai cerita lucu ini umumnya bertujuan untuk menghibur pembaca atau pendengar. Akan tetapi ada beberapa anekdot yang bukan hanya bertujuan untuk menghibur si pembaca tapi juga sebagai sindiran kepada beberapa pihak. Cerita anekdot diceritakan seakan-akan kejadian tersebut benar adanya atau benar-benar terjadi dalam suatu waktu. Penulis terkadang menceritakan kejadian pribadi atau atau kejadian yang pernah di temui oleh penulis. 


Tokoh Teks Anekdot

Tokoh – tokoh dalam cerita anekdot biasanya berasal dari tokoh yang masih hidup atau bisa juga yang sudah meninggal. Terkadang cerita anekdot menggunakan tokoh asli akan tetapi kejadian yang diceritakan tidak benar – benar terjadi atau fiksi. Tokoh yang digunakan bukan hanya perorangan akan tetapi bisa juga sebuah kelompok masyarakat, suku, ras,atau golongan. 

Cerita dengan tokoh-tokoh tersebut biasa di sebut lelucon sindiran. Selain itu bukan hanya manusia yang dapat menjadi tokoh dalam cerita anekdot, binatang dan tumbuhan juga bisa menjadi tokoh dalam cerita tersebut. 

Apabila tokoh dalam anekdot berupa binatang atau tumbuhan, maka si penulis  biasanya menggambarkan tokoh tersebut layaknya manusia, mereka dapat berbicara atau bergerak seperti layaknya manusia. Meskipun tokoh yang digunakan merupakan tokoh fiktif, cerita yang di gambarkan dapat menjadi sindiran untuk manusia.
 


Cerita anekdot, seperti yang kita ketauhi selain berfungsi sebagai hiburan, juga sebagai sindiran. Sindiran dalam cerita anekdot berasal dari prasangka-prasangka penulis terhadap suatu fenomena, bukan fitnah atau cerita yang digunakan untuk menyinggung seeorang atau kelompok orang, sehingga pendengar atau pembaca tidak seharusnya tersinggung. 


Jenis-jenis Anekdot

Cerita anekdot dapat dikelompokan menjadi beberapa jenis:
 
1. Anekdot yang berhubungan dengan organisasi masyarakat
2. Anekdot yang berhubungan dengan agama atau pemuka agama
3. Anekdot yang berhubungan dengan hukum,
4. Anekdot yang berhubungan dengan pemerintah,
5. Anekdot yang berhubungan dengan suatu negara
6. Anekdot yang berhubungan dengan suami-istri.
7. Anekdot yang berhubungan dengan orang bodoh
8. anekdot yang berhubungan dengan orang pintar
9. anekdot yang berhubungan dengan kesehatan
10. anekdot yang berhubungan dengan dialek
11. anekdot yg berhubungan dengan binatang dan tumbuhan
12. anekdot yang berhungan dengan pemilihan umum
13. anekdot yang berhubungan dengan pekerjaan tertentu
 

B. Contoh Cerita Anekdot


“ Besok saja”

Pada suatu pagi, Maman, supir pribadi seorang direktur perusahaan sedang menunggu majikanya. Dengan perut lapar Maman menunggu majikanya dengan sabar. Setelah menunggu selama setengah jam sang majikan pun datang. Dengan muka heran majikanya kemudian bertanya kepada Maman
 
Majikan    :  Maman, kamu pagi sekali sudah datang
Maman    : Iya gan, kebetulan saya bangun lebuh awal
Majikan    : Lalu kenapa mobil ini masih kotor
Maman    : (Maman baru menyadari kalau ternyata dia lupa mencuci mobil, sehingga dia hanya terdiam)
Majikan     : Yasudah nanti saja kamu cuci setelah mengantar saya ke kantor.
Maman    : baik, gan
 
Maman pun mengantarkan majikanya sampai kekantor, kemudian Ia langsung membeli sarapan dan nongkrong bersama supir lain, sehingga dia lupa mencuci mobil.
Pada siang hari Maman menjemput majikannya dengan kondisi mobil yang belm dicuci
 
Majikan    : Man, kok mobil masih kotor ?
Maman    : Besok aja gan sekalian nyucinya nanti juga kotor lagi
 
Si majikan pun menggeleng sambil tersenyum-senyum keheranan. Majikan meminta Maman untuk mengantarnya ke restauran. Maman pun dengan senang hari mengantarkan Maman ke restauran, karena dia juga sudah merasa lapar.
 
Ketika sampai di restauran ternyata majikanya masuk tanpa mengajak Maman. Maman pun merasa kecewa, setelah majikannya selesai makan ia pun bertanya
 
Maman    : Gan, saya sebenarnya lapar bolehkah saya membeli makan terlebih dahulu?
Majikan    : Kenapa kamu mau makan sekarang? Besok aja sekalian. Nanti kan lapar lagi.   



Demikianlah artikel kali ini mengenai teks anekdot, sudah mengerti bukan ? Intinya, teks anekdot adalah cerita yang mengandung unsur komedi dan bertujuan untuk menghibur atau bahkan menyindir. 

Baiklah, sampai di sini perjumpaan kita kali ini mengenai cerita anekdot. Semoga pembahasan pada artikel kali ini dapat bermanfaat bagi Sobat semua. Terimakasih telah membaca dan sampai jumpa lagi pada artikel-artikel menarik lainnya.
Bacalah Contoh Cerita Anekdot dan Penjelasannya | aria nugraha | 5