Penggunaan Imbuhan –man, -wan, dan –wati dan Contoh Kalimat

.
.
Penggunaan Imbuhan –man, -wan, dan –wati Beserta Contoh Kalimat - Sobat, apasih yang dimaksud dengan imbuhan? Imbuhan adalah bunyi-bunyi yang ditambahkan pada kata dasar yang dapat merubah atau menambah makna kata dasar tersebut.

Tahukah Sobat bahwa ada banyak sekali jenis imbuhan yang ada dalam bahasa Indonesia. Nah, kali ini kita akan membahas salah satu jenis imbuhan yang diletakan di akhir kata, yaitu imbuhan  –man, -wan, dan –wati. Selamat membaca!


Imbuhan  –man, -wan, dan –wati

Imbuhan –man, -wan, dan –wati merupakan beberapa imbuhan yang masuk ke dalam kategori imbuhan asing. Imbuhan tersebut sebenarnya merupakan kata serapan dari bahasa Sansekerta. Imbuhan –man merupakan imbuhan improduktif (tidak produktif) karena penggunaan imbuhan tersebut terbatas hanya untuk beberapa kata saja, sedangkan imbuhan –wan dan –wati merupakan imbuhan produktif karena penggunaannya tidak terbatas untuk banyak kata. 

Imbuhan –wan merupakan imbuhan yang merujuk kepada laki-laki, sedangkan imbuhan –wati merupakan imbuhan yang merujuk kepada peremupan. Ketiga imbuhan –man, -wan, atau –wati membentuk sebuah kata kerja jika ditambahkan pada kata lain.
 


Fungsi Imbuhan  –man, -wan, dan –wati

Imbuhan –man, -wan, dan –wati memiliki beberapa fungsi juka dipakai dalam sebuah kalimat, berikut adalah beberapa fungsi tersebut:
 
1. Menyatakan Jenis Kelamin
 
Contoh:
 
- Karyawan dan Karyawati:
Para karyawan dan karyawati melakukan unjuk rasa pada hari kerja mengenai kenaikan upah yang tidak sesuai dengan pekerjaan yang mereka lakukan.
 
- Olahragawan dan Olahragawati:
Kejuaraan Olympic merupakan ajang terbesar bagi negara-negara di dunia untuk mengirimkan olahragawan, olahragawati, dan atlet terbaiknya untuk bertanding di kejuaraan tingkat dunia.
 
- Wirausahawan dan Wirausahawati:
Seminar kewirausahaan diadakan di berbagai kampusdi Indonesia untuk meningkatkan jumlah wirausahawan dan wirausahawati dan untuk mengurangi jumlah pengangguran.
 

2. Menyatakan Orang yang Ahli di Bidangnya
 
Contoh:
 
- Cendikiawan:
Beberapa cendikiawan sedang mengadakan penelitian mengenai kemampuan kentang jenis tertentu untuk dapat bertahan hidup di tanah gersang, seperti padang pasir.
 
- Agamawan
Masyarakat seringmengadakan pertemuan dengan agamawan yang ada di daerah mereka guna mendiskusikan mengenai masalah sosial yang berkaitan dengan agama.
 
- Antariksawan
Para antariksawan sedang mengadakan penelitian mengenai bintang baru yang muncul di galaksi bimasakti.
 

3. Menyatakan sifat seseorang
 
Contoh:
 
- Budiman:
Irfan merupakan seseorang yang sangat budiman dan sangat disanjung oleh setiap orang di lingkungan tempat tinggalnya.
 
- Dermawan:
 
Mila adalah seseorang yang dermawan dan dihormati. Ia sangat gemar bersedekah kepada fakir miskin dan anak yatim di lingkungannya.
 
- Relawan:
Tim SAR dibantu para relawan sedang mengevakuasi penduduk ke tempat yang lebih aman dikarenakan aktivitas gunung berapi yang sudah memasuki level “waspada I”.
 

4. Menyatakan Keahlian yang Dimiliki oleh Seseorang
 
Contoh:
 
- Dramawan:
Murud-murid SMA sedang mempelajari unsur-unsur drama dan mencoba membuat drama sederhana bersama para dramawan.
 
- Olahragawan:
Pemerintah memberikan apresiasi kepada para olahragawan setelah memenangkan beberapa pertandingan dalam kejuaraan dunia.
 
- Sastrawan                   
Masyarakat Indonesia khususnya para remaja sangat menggemari hasil karya para sastrawan Indonesia dalam bentuk novel, cerita pendek, dan puisi.
 

5. Menyatakan Orang yang Mempunyai Mata Pencaharian di Bidang Tertentu
 
Contoh:
 
- Wartawan:
Para wartawan dengan sigap dan cekatan mencari berita-berita terbaru yang sedang ramai dibicarakan baik berita dari seluruh daerah di Indonesia, maupun berita dari luar negeri.
 
- Peragawan:
Desain-desain pakaian terbaru dari suatu desainer sedang ditampilkan oleh para peragawan di suatu acara di Amerika Serikat guna mengenalkan budaya Indonesia yang sangat erat dengan budaya timur.
 
- Karyawan:
Presiden suatu perusahaan tekstil baru saja mengadakan acara pembukaan di suatu gedung dan sekaligus merekrut beberapa karyawan handal yang siap bekerja di perusahaannya.
 

6. Menyatakan Kepemilikan Akan Sesuatu
 
Contoh:
 
- Hartawan:
Bimo merupakan hartawan yang dikenal sangat dermawan dan baik hati kepada penduduk yang tinggal di daerahnya sehingga ia sangat disanjung dan dihormati para penduduk tersebut.
 
- Usahawan:
Para mahasiswa dan sebagian besar masyarakat Indonesia saat ini berlomba-lomba untuk menjadi usahawan dengan menjual berbagai macam produk mulai dari makanan hingga pakaian yang dijual secara online.

 

Nah, demikianlah artikel kali ini mengenai penggunaan imbuhan asing –man, -wan, dan –wati. Intinya, imbuhan jenis ini adalah imbuhan yang berasal dari bahasa asing dan diserap di dalam bahasa Indonesia. baiklah, sampai di sini perjumpaan kita kali ini, semoga bermanfaat.
Penggunaan Imbuhan –man, -wan, dan –wati dan Contoh Kalimat | aria nugraha | 5