Pengertian Kalimat Sumbang dan Cara Menemukannya

.
.
Penjelasan Lengkap Kalimat Sumbang dan Contohnya - Sobat, pernahkah Anda membaca suatu paragraf atau teks dan menemukan sebuah kalimat yang tidak sesuai di dalamnya ? Nah, kalimat tersebut merupakan kalimat rumpang atau sumbang. 

Sobat, artikel kali ini akan membahas mengenai kalimat sumbang, dimulai dari pengertian, ciri, cara menentukan atau menemukan kalimat sumbang, dan contoh kalimatnya. Baiklah, tanpa berlama-lama lagi, berikut ini adalah penjelasannya. Selamat membaca !

A. Pengertian kalimat sumbang

Dalam sebuah paragraf terkadang kita menemukan kalimat yang tidak sesuai dengan ide dalam sebuah teks,  kalimat inilah yang di sebut dengan kalimat sumbang. Kalimat sumbang yaitu kalimat yang menyimpang dari pokok pembicaraan. 

Terkadang, kalimat sumbang merupakan gagasan pribadi penulis yang tidak ada hubunganya sama sekali dengan topik pembicaraan dalam teks, terkadang bentuk dari kalimat sumbang adalah lelucon belaka. Selain itu, kalimat sumbang sering kali benar-benar menyangkal atau bertolak belakang dengan pokok pembicaraan. 

Kalimat sumbang juga biasa disebut sebagai kalimat tidak padu. Kalimat sumbang biasanya muncul karena ketidak sengajaan orang yang menulis teks tersebut, atau bisa juga karena penulis sengaja menulis itu untuk memberikan efek lucu, biasanya terapat dalam novel, atau cerita humor.
 

B. Ciri – ciri kalimat sumbang

Berikut ini merupakan ciri – ciri kalimat sumbang, sehingga kita dapat dengan mudah menemukannya dalam suatu paragraf. 
  1. Kalimat sumbang dapat dengan mudah ditemukan, sebab kalimat sumbang atau kalimat tidak padu benar – benar bertolak belakang dan berbeda dengan pokok pembicaraan. Oleh karena itu pembaca hanya perlu membaca paragraf tersebut dengan teliti.
  2. Kalimat sumbang tidak ada hubunganya dengan kalimat lain. Sering kali kalimat tidak padu ini tidak berhubungan atau tidak nyambung dengan kalimat sesudah ataupun sebelum.


C. Cara menentukan kalimat sumbang

Terdapat beberapa langkah dalam menentukan atau menemukan kalimat sumbang dalam sebuah paragraf, yaitu sebagai berikut

1. Baca keseluruhan paragraf

Langkah pertama dalam menentukan kalimat sumbang adalah membaca keseluruhan isi dari sebuah paragraf. Dengan membaca keseluruhan isi dalam paragraf maka kita membaca satu – persatu kalimat yang ada dalam paragraf tersebut.
 

2. Temukan ide pokok paragraf

Langkah selanjutny yaitu kita harus menemukn ide pokok dalam pararaf. Kita perlu menemuukan ide pokok dari paragraf terlebih dahulu sehingga kita tahu apa yang sedang di bicarakan dalam paragraf tersebut. Jika kita telah menemukan ide pokok dari suatu paragraf maka kita juga tahu, kalimat – kalimat yang berada dalam paragraf tersebut haruslah berhubungan antara satu dan yang lainya.
 

3. Tentukan kalimat yang menentang

Setelah kita mengetahui topik pembicaraan dalam sebuah paragraf maka kita tinggal menemukan kalimat mana yang bertolak belakang atau tidak mendukung ide pokok paragraf tersebut. Kalimat yang menyimpang itulah kalimat sumbang.
 

4. Baca kembali

Langkah terahir yaitu baca ulang paragraf tersebut untuk meyakinkan kita bahwa kalimat sumbang yang kita temukan benar – benar kalimat yang tidak padu, atau mungkin kalimat tersebut adalah kalimat pendukung yang kurang jelas. Pastikan kembali dengan membaca ulang teks.
 

D. Contoh – contoh kalimat sumbang


Berikut ini merupakan beberapa contoh kalimat sumbang yang ada dalam sebauh paragraf.
 

Paragraf
 
1] saat ini media sosial telah menjadi tren terbaru yang amat di gemari masyarakat dari segala usia. 2] mereka tidak hanya menggunakan media sosial sebagai alat komunikasi akan tetapi juga sebagai tembat berbagi informasi dalam forum publik. 3] Indonesia telah menjadi salah satu negara terkorup di dunia. 4] Ada beberapa jenis media sosial yang sedang di gemari masyarakat Indonesia adalah Facebook, Instagram, Snapchat, Line, Path, dan sebagainya. 5] hampir semua orang  saat ini menggunakan media sosial baik tua muda maupun anak – anak.
 
Penjelasan    :
 
Ide pokok dari paragraf di atas adalah media sosial sehingga kalimat – kalimat yang terdapat dalam paragraf tersebut harus membahas tentang media sosial. Dalam paragraf tersebut, kalimat no 3 berbicara tentang korupsi, maka kalimat ini tidak berhubugan dengan ide pokok yang merupakan media sosial, sehingga kalimat no 3 merupakan kalimat sumbang karena tidak mendukung pokok pembicaraan



Nah, demikianlah artikel kali ini mengenai pembahasan kalimat sumbang. Intinya, kalimat rumpang adalah kalimat yang tidak sesuai atau tidak mendukung ide atau gagasan utama dalam paragraf. Kalimat rumpang dapat menyebabkan paragraf yang kita tulis menjadi tidak baik. 

Oleh karena itu, ketika membuat suatu teks atau paragraf, kita harus mengetahui kalimat baku dan tidak baku, pengertian dan prinsip kalimat efektif, penyebab kalimat tidak efektif, dan apa itu kalimat ambigu

Baiklah, sampai di sini dahulu pembahasan kita kali ini. Terimakasih telah membaca dan sampai berjumpa kembali pada artikel-artikel menarik lainnya.
Pengertian Kalimat Sumbang dan Cara Menemukannya | aria nugraha | 5