Bacalah Teks Biografi Dahlan Iskan Singkat

.
.
Teks Biografi Dahlan Iskan - Sobat pasti mengenal seorang tokoh satu ini. Beliau adalah salah satu anak bangsa yang memiliki ragam prestasi yang sangat membanggakan. Tokoh tersebut adalah Dahlan Iskan.

Nah, berikut ini adalah tulisan biografi mengenai beliau. Semoga contoh biografi seorang tokoh berikut ini dapat menjadi referensi dan menginspirasi Sobat semua. Selamat membaca!




DAHLAN ISKAN


Dahlan Iskan, atau yang biasa di panggil pak Dis, lahir pada tanggal yang sama dengan lahirnya kemerdekaan Indonesia yaitu pada hari Jumat, 17 Agustus 1951 di Magetan, Jawa Timur. Seorang ayah dari satu anak bernama Azrul Ananda ini berzodiak Leo. Ayah muda ini memiliki hobi yang sehat yaitu Olahraga. Dia merupakan seorang suami dari wanita cantik bernama Nafsiah Sabri. Beliau merupakan seorang Birokrat handal, Ia resmi menggantikan Mustafa Abubakar sejak 19 Oktober 2011 lalu. Pada tahun 2012 pak Dis menjabat sebagai Mentri Badan Usaha Milik Negara Indonesia di bawah pimpinan presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
 
Dalam sebuah artikel, Dahlan Iskan di sebutkan sebagai “Anak Miskin Jadi Mentri”. Hal ini karena ia memilki latar belakang yang berbeda dari kebanyakan mentri lainya. Dahlan iskan dibesarkan di sebuah desa terpencil dengan kondisi ekonomi yang kuang memadai. Pada saat itu dia hidup dengan kondisi yang serba kekurangan. Dikabarkan bahwa Ia memilih sendiri tanggal lahirnya yaitu 17 Agustus karena orang tuanya tidak mengingat kapan tepatnya ia lahir.
 
Dahlan Iskan memulai karirnya sebagai seorang reporter di salah satu surat kabar di Samarinda, Kalimantan Selatan. Setelah sukses menjadi reporter, tepat setahun setelahnya, 1976, pak Dis berpindah profesi menjadi seorang wartawan sebuah majalah Tempo. Kemampuanya sebagai seorang wartawan  menuntunya menjadi pimpinan surat kabar Jawa Pos, hingga saat ini.
 
Dahlan Iskan juga merupakan pendiri Graha Pena yang terletak di Surabaya. Graha Pena didirikan pada tahun 1997. Hal ini berawal dari karis suksesnya ketika menjadi pimpinan surat kabar Jawa Pos, ia mampu merevitalisasi surat kabar tersebut, yang mana surat kabar tersebut mulai terpuruk. Di bawah kepemimpinannya, ia mampu mengembangakan oplah dari 6.000 eksemplar hingga mencapai  300.000 eksemplar dalam kurun waktu hanya lim tahun. Ini merupakan pencapaian yang fantastis bagi kelangsungan perusahaan surat kabar Jawa pos. Lima tahu setelahnya, terbentuklah  Jawa post News Network atau JPNN. JPNN menaungi sekitar 134 surat kabar di seluruh Indonesia, serta memiliki 40 jaringan percetakan di seluruh Indonesia.
 
Selain pendiri Graha Pena di Surabaya, Dahlan Iskan juga merupakan pendiri stasiun televisi lokal JTV atau Jawa Timut TV yang juga bertempat di surabaya pada tahun 2002. Setelah itu, di ikuti pendirian tv lokal lainya di Riau yang bernama Riau TV dan di Batam yang dinamai Batam Tv.
Karir Dahlan iskan terus meningkat, pada tahun 2009, suami dari ibu Nafisah Sabrina itu resmi menjabat sebagai komisaris  PR Fangbian Iskan Corporation atau FIC. Ini merupakan perusahaan besar yang membangun Sambungan Komunikasi Kabel Laut atau SKKL antara kota Surabaya dan Hong Kong dengan optik yang cukup panjang yaitu 4.300  kilometer.
 
Dahlan Iskan terus meningkatkan karirnya dalam hal listrik. Prestasi dan semangatnya yang tinggi itu mendapat respon yang positif dari pemerintah Indonesia. Sehingga pada tanggal 17 oktober 2011, pak Dis ditunjuk sebagai mentri Badan Usaha Milik Negara/ BUMN demi mengantikan Mustafa Abubakar yang saat itu mengalami masalah kesehatan. 

Pak Dis mengaku agak keberatan saat itu karena Ia masih memiliki sejuta mimpi untuk membangun serta mengembangkan ide – idenya untuk PLN. Walaupun seperti itu, Dahlan Iskan tetap melaksanakan tugasnya sebagai mentri BUMN dengan penuh tanggung jawab. Ia menentukan target awalnya sebagai mentri untuk menipiskan BUMN dalam program restrukturisasi aset negara.





Demikianlah contoh teks biografi tentang Dahlan Iskan kali ini. Intinya, teks biografi adalah suatu teks yang menceritakan kisah atau riwayat hidup sesorang. Sobat, selain contoh biografi Dahlan Iskan, Sobat juga dapat membaca contoh biografi Soekarno dan Anies baswedan yang akan menginspirasi Sobat ketika membacanya.

Baiklah, sampai di sini perjumpaan kita kali ini. Terimakasih telah membaca dan sampai berjumpa kembali pada artikel menarik lainnya. 
Bacalah Teks Biografi Dahlan Iskan Singkat | aria nugraha | 5