Bacalah Teks Diskusi tentang Pendidikan Terbaik !

.
.
Contoh Teks Diskusi tentang Pendidikan - Sobat, Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan teks diskusi? Teks Diskusi adalah jenis teks yang membahas suatu topik dalam dua sudut pandang yang berbeda. Dengan kata lain, penulis menempatkan dirinya sebagai pihak yang netral.

Nah, artikel kali ini akan menyajikan sebuah contoh teks diskusi tentang Pendidikan. Baiklah, tanpa berlama-lama lagi, berikut ini adalah teks diskusi pendidikan yang berjudul Ujian Nasional dalam Pendidikan Nasional. Baiklah, selamat membaca!

 

Ujian Nasional dalam Pendidikan Nasional


Ujian nasional selalu menjadi perbincangan sengit di kalangan pelajar maupun para tenaga pendidik. Diadakanya ujian nasional sejak beberapa tahun lalu menimbulkan banyak kontroversi dalam ranah pendidikan di Indonesia. Tujuan di adakanya pendidikan nasional ini sendiri adalah sebagai alat ukur seberapa jauh tingkat pendidikan di Indonesia.
 
Tujuan dari ujian nasional ini memanglah baik, akan tetapi dalam pelaksanaanya menimbulkan banyak kerugian, sehingga beberapa pihak menentang adanya ujian nasional. Ada beberapa alasan yang membuat beberapa pihak menentang ujian nasional sebagai berikut.
 
Pertama, ujian nasional menciptakan tekanan untuk para siswa. Sebagaimana kita ketahui, beberapa tahun yang lalu menjelang Ujian Nasional atau UN, terdapat kasus bunuh diri siswa sekolah menengah atas di karenakan takut menghadapi ujian nasional. Hal ini jelas merupakan dampak buruk dari diadakanya UN. Para siswa takut dengan ujian nasional karena setiap tahunya nilai standar kelulusan selallu naik sehingga para siswa takut apabila mereka gagal dan tidak lulus. 

Sebagian siswa memang kuat menahan tekanan UN akan tetapi beberapa yang lain justru sangat takut, ada dari mereka yang berlari menuju narkoba dan minuman keras karena sangat depresi bahkan ada yang sampai bunuh diri. Oleh karena itu banyak pihak menentang Ujian Nasional.
 
Kedua, pelaksanaan ujian nasional terkesan tidak adil. Sebagaimana kita ketahui keadaan pendidikan dan sekolah di indonesia tidak sama. Sekolah yang berada di daerah maju seperti perkotaan memiliki fasilitas yang sangat lengkap dan tenaga pendidik yang memadai, sedangkan di daerah yang tergolong pedalaman kondisi pendidikanya sangat memprihatinkan. Boro – boro mendapatkan guru pendidik yang handal, kondisi sekolah yang memadai saja belum mereka dapatkan. 

Perbedaan yang sangat jauh antara kondisi sekolah di perkotaan dan di desa – desa pedalaman tidak membuat pemerintah sadar bahwa ujian nasional telah menjadi sistim yang merugikan. Pemerintah seolah buta dengan perbedaan tersebut sehingga standar kelulusan mereka pun di sama ratakan. Hal ini jelas bukan hal yang baik untuk pendidikan di indonesia.
 
Alasan –alasan tersebutlah yang membuat sebagian pihak menentang UN, akan tetapi ada juga pihak–pihak yang mendukung diadakanya ujian nasional dengan alasan sebagai berikut.
 
Alasan pertama yaitu, ujian nasional merupakan alat ukur keberhasilan pendidikan di Indonesia. Dengan adanya ujian nasional, pemerintah dapat mengetahui peningkatan Indonesia dalam hal pendidikan. Hasil ujian nasional setiap tahunya menjadi pedoman bagi pemerintah untuk terus meningkatkan pendidikan di Indonesia. Tanpa adanya ujian nasional, pemerintah akan sulit melhat perkembangan pendidikan secara merata di seluruh jagat Indonesia. Selain itu, setiap peningkatan kelulusan yang diperoleh dari hasil ujian nasional akan menjadi pertimbangan dan perbandingan kwalitas pendidikan di Indonesia dan negara –negara lain di seluruh dunia.
 
Alasan selanjutnya yaitu, ujian nasional dapat meningkatkan motifasi siswa dalam belajar. Dengan di tetapkanya nilai standar kelulusan setiap tahunya, akan memotivasi siswa untuk belajar lebih giat sehingga dapat melewati nilai standar kelulusan tersebut dan lulus dengan nilai yang baik. Selain itu setiap tahunya, siswa yang mendapatkan nilai tertinggi dalam ujian nasional baik itu tingkat sekolah, daerah, maupun nasional akan diberikan penghargaan dan beasiswa atas kerja kerasnya. Hal ini membuat siswa berlomba – lomba untuk mendapatkan nilai terbaik. Oleh karena itu ujian nasional sebaiknya menjadi pendorong bagi siswa untuk belajar lebih giat lagi.
 
Dari argumen – argumen di atas dapat kita ambil kesimpulan  bahwa ujian nasional memiliki dampak positif dan negati untuk pendidikan di Indonesia. Semua itu tergantung seberapa dewasa rakyat Indonesia menghadapi Ujian Nasional, baik para siswa guru serta pemerintah itu sendiri. Hal yang terpenting adalah perbaiki sistem belajar mengajar serta sisitim pelaksanaan ujian nasional sehingga semuanya seimbang.




Demikianlah contoh teks diskusi tentang pendidikan kali ini. Semoga artikel tentang pendidikan kali ini dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk Sobat semua. Baiklah, terimakasih telah membaca dan sampai berjumpa kembali pada artikel-artikel menarik lainnya. 
Bacalah Teks Diskusi tentang Pendidikan Terbaik ! | aria nugraha | 5