Bacalah Teks Wawancara Kesehatan !

.
.
Contoh Teks Wawancara Tentang Kesehatan - Sobat, Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan wawancara ? Wawancara adalah suatu kegiatan tanya jawab yang dilakukan oleh pewawancara dan narasumber yang bertujuan untuk menggali informasi. Nah, berikut ini adalah sebuah contoh teks wawancara dengan narasumber seorang dokter mengenai kesehatan. 

Selamat membaca!
 

Pentingnya Meminum Air Putih


Pewawancara  : Selamat pagi, Dok.
 
Narasumber     : Selamat pagi. Ada yang bisa saya bantu?
 
Pewawancara  : Kami dari salah satu majalah kesehatan ingin meminta waktu anda sebentar. Kami ingin mengadakan wawancara perihal pentingnya meminum air putih bagi kesehatan. Apakah anda ada waktu?
 
Narasumber     : Ya tentu, dengan senang hati.
 
Pewawancara : Baiklah, langsung saja kita mulai. Dok, bagaimanakah pendapat anda mengenai meminum air putih?
 
Narasumber    : Air merupakan sesuatu yang sangat penting, bukan hanya bagi manusia, tetapi juga bagi seluruh kehidupan di bumi ini. Jadi, sudah pasti kita sebagai makhluk hidup sangat memerlukan air. Meminum air putih sudah sangat jelas sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
 
Pewawancara  : apa sajakah manfaat dari meminum air putih, Dok?
 
Narasumber    : Jika bicara mengenai air putih, ada banyak sekali manfaatnya. Contohnya, air putih sebagai penghilang dehidrasi, menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, mengontrol kalori dalam tubuh dan menurunkan berat badan, membantu mengeluarkan racun dalam tubuh, membuat kulit halus dan cerah, menjaga fungsi ginjal, meningkatkan sistem peredaran darah, dan masih banyak lagi.
 
Pewawancara  : Wah, banyak sekali manfaat air putih bagi tubuh kita. Lalu, berapakah takaran normal yang diperlukan oleh tubuh kita agar tidak kekurangan cairan?
 
Narasumber   : Kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda tergantung aktivitas yang dilakukan. Takaran normal cairan bagi seseorang setiap harinya yaitu sekitar 2 – 2,5 liter. Akan tetapi, jika seseorang melakukan aktivitas yang banyak mengeluarkan cairan, seperti berlari, olahraga, senam, dan sebagainya, maka kebutuhan cairan bagi tubuh akan meningkat.
 
Pewawancara : Selain meminum air putih, adakah cara lain untuk mendapatkan cairan bagi tubuh, Dok?
 
Narasumber   : Ya, ada. Selain meminum air, makanan yang kita konsumsi sehari-hari juga mengandung cairan sekitar 20 persen yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Makanan seperti buah dan sayur mengandung banyak cairan dan juga vitamin yang sangat penting bagi tubuh.
 
Pewawancara : Dokter, adakah waktu tertentu yang sangat baik untuk meminum air putih?
 
Narasumber    : Meminum air putih dapat dilakukan kapan saja dan tidak ada batasan waktu karena tubuh selalu memerlukan cairan. Meminum air putih pada waktu pagi hari saat perut kosong sangat disarankan oleh para dokter dan ini merupakan waktu terbaik.
 
Pewawancara  : Mengapa meminum air putih pada pagi hari saat perut kosong dikatakan waktu terbaik, Dok? Apa sajakah manfaatnya?
 
Narasumber   : Karena saat kita tertidur, tubuh tetap mengeluarkan cairan dan saat kita terbangun kita harus menggantikan cairan yang hilang tersebut. Selain itu, banyak sekali manfaatnya meminum air putih pada waktu ini, yaitu membuat kulit menjadi berkilau, meremajakan otot dan sel-sel darah, menyeimbangkan sistem getah bening, menyeimbangkan sistem limpa, membersihkan usus, menambah darah, menyehatkan ginjal, memperlancar buang air besar, dan juga dapat melangsingkan tubuh.
 
Pewawancara  : wah, jadi dengan meminum air putih dapat membantu seseorang untuk langsing. Apakah meminum air putih ini sangat baik bagi seseorang yang sedang diet?
 
Narasumber      : Ya, tentu saja. Dengan banyak meminum air putih, sesorang yang sedang diet dapat terjaga metabolisme tubuhnya, kulit dapat terjaga kelembapannya, menyehatkan ginjal, dan yang terpenting dapat memperlancarpencernaan karena dengan meminum air putih, makanan akan langsung dicerna oleh tubuh.
 
Pewawancara  : Apa yang terjadi jika seseorang kurang meminum air putih, Dok?
 
Narasumber    : Seseorang akan kekurangan cairan dan itu sangat berbahaya bagi tubuh. Kurang meminum air putih dapat mengganggu fungsi otak, dapat mengakibatkan berbagai macam gangguan kesehatan seperti dehidrasi, suhu badan meningkat, sakit kepala, denyut nadi semakin cepat, lalu dapat mengakibatkan infeksi kandung kemih, menyebabkan kulit menjadi kusam, dan juga membahayakan ginjal.
 
Pewawancara : Dokter, bagaimanakah menyiasati seseorang yang malas meminum air putih?
 
Narasumber   : Meminum air putih dapat dilakukan sambil mengonsumsi makanan, dengan membawa sebotol air putih saat bepergian, ataupun dengan menyediakan air putih di meja kerja.
 
Pewawancara  : Baiklah Dok, pertanyaan terakhir. Apakah saran anda bagi masyarakat Indonesia mengenai meminum air putih?
 
Narasumber   : Saran saya yaitu janganlah malas untuk meminum air putih, karena ada banyak sekali manfaat yang didapat dari air putih dan tidak ada kerugiannya sama sekali. Dengan meminum air putih, anda akan mendapatkan hidup yang lebih sehat.
 
Pewawancara  : Terimakasih atas waktu yang anda luangkan bagi wawancara kami. Semoga masyakarat Indonesia sadar akan pentingnya meminum air putih bagi kesehatan. Sekali lagi, terimakasih banyak, Dok.
 
Narasumber   : Ya, terimakasih kembali.



Nah, demikianlah contoh teks wawancara kali ini. Intinya, wawancara merupakan dialog antara pewawancara dan narasumber untuk mencari sebuah informasi. Baiklah, sampai di sini perjumpaan kita kali ini semoga teks wawancara kesehatan singkat berikut ini dapat menjadi referensi yang baik. Terimakasih telah berkunjung dan sampai jumpa kembali pada artikel-artikel menarik lainnya.
Bacalah Teks Wawancara Kesehatan ! | aria nugraha | 5