5 Contoh Paragraf Eksposisi Berita dan Pengertiannya

.
.
Pengertian dan Contoh Paragraf Eksposisi Berita - Sobat, artikel sebelumnya kita telah membahas paragraf eksposisi dnegan tuntas. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahasa salah satu jenis paragraf eksposisi, yaitu eksposisi berita. 

Baiklah, tanpa berlama-lama lagi. Di bawah ini merupakan pengertian paragraf eksposisi berita dan contoh-contohnya. Selamat membaca!


Definisi Paragraf Eksposisi 

Paragraf eksposisi berita merupakan bentuk pengembangan dari paragraf eksposisi yang memberikan informasi mengenai suatu kejadian atau peristiwa yang telah terjadi atau mengenai hasil dari sebuah penelitian. Paragraf eksposisi berita memuat berbagai macam data lengkap yang berupa tabel, fakta, grafik, contoh, atau bentuk-bentuk data lainnya. Data-data tersebut bertujuan untuk memberikan alasan yang kuat pada informasi yang disampaikan dalam berita.
 

Contoh-Contoh Paragraf Eksposisi Berita

Nah, setelah membaca pengertian di atas, tentunya Sobat telah mengetahui apa itu paragraf ekpsosi berita kan ? Untuk membantu Sobat memahaminya, di bawah ini adalah 4 contoh paragraf eksposisi berita. 


Contoh 1

Penumpang Kereta Membludak 

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional 8 Surabaya memberangkatkan 32 ribu penumpang per hari sejak awal libur panjang akhir pekan ini. Jumlah penumpang pada hari libur panjang ini jauh lebih banyak dibanding jumlah penumpang pada hari biasa sekitar antara 20 ribu hingga 25 ribu penumpang. Tiket kereta api untuk keberangkatan hari ini hingga Sabtu sebagian besar sudah terjual, hanya tersisa lima persen saja. Sedang tiket kereta rute Surabaya ke Jakarta dan Bandung untuk keberangkatan Minggu sudah habis terjual. Sebagian besar pengguna kereta api yang berangkat dari Surabaya atau Malang hendak menuju Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Jember atau Banyuwangi, Semarang dan Purwokerto. Untuk melayani penumpang, perusahaan menyediakan layanan kereta api jarak jauh dan menengah dari Surabaya dengan daya angkut sekitar 15 ribu orang per hari dan kereta api jarak dekat berkapasitas angkut 25 ribu orang per hari.

 
Contoh 2

Pemberhentian Peredaran Uang Euro

Bank sentral Eropa (ECB) memutuskan tidak akan lagi mengedarkan uang kertas pecahan 500 euro sejalan dengan surat keterangan dari Komisi Uni Eropa pada bulan Februari 2016 lalu terkait cara penggunaan uang kertas tersebut. Uang kertas pecahan 500 euro akan tetap menjadi alat tukar yang sah dan nilainya tidak berubah. ECB akan menghentikan peredaran uang kertas pecahan 500 euro pada akhir tahun 2018 mendatang. Hal ini karena pada periode tersebut ECB akan mengeluarkan uang kertas baru pecahan 100 euro dan 200 euro. Harvard Kennedy School, Amerika Serikat, telah merilis laporan pada awal tahun yang menyatakan bahwa 20 negara terbesar di dunia harus menghentikan peredaran uang kertas pecahan besar, seperti 50 euro, 100 dollar AS, dan 500 euro yang bertujuan untuk mencegah tindak kejahatan. CEO dari Bank Standard Chartered mengatakan bahwa uang kertas berdenominasi besar disukai oleh kelompok teroris, gembong narkoba, dan para penghindar pajak.

 
Contoh 3

Perhatian Selena Gomez untuk LUPUS

Selena Gomez akan mendonasikan pendapatan dari tur nya untuk penelitian penyakit Lupus. Penyanyi berusia 23 tahun ini terpaksa membatalkan tur Star Dance pada tahun 2013 agar dapat menjalani kemoterapi untuk mengobati penyakit inflamasi kronis yang dialaminya. Perwakilannya menyatakan bahwa bintang muda ini berencana mendonasikan uang dari penjualan tiket konsernya ke aliansi penelitian penyakit lupus. Selena juga mengumumkan dirinya sehat, bahagia dan amat senang bisa kembali ke dunia hiburan. Selena berkata tur ini bergantung pada dirinya, suaranya dan apa yang ia katakan kepada penonton. Itu yang benar-benar ia inginkan. Selena tak sabar bertemu dengan penggemar di pertunjukannya. Ia berjanji ada sesuatu yang akan ia berikan untuk semua penonton.
 

Contoh 4

Pingsan 
Pingsan merupakan kehilangan kesadaran secara mendadak akibat penurunan aliran darah ke otak. Kondisi yang bisa menyebabkan pingsan antara lain gangguan jantung, misalnya irama jantung tidak teratur, kejang, kadar gula darah rendah, anemia, dan masalah pada sistem saraf yang mengatur tekanan darah. Ada beberapa gejala pingsan yang harus diwaspadai: (1) Tidak ada gejala sebelumnya, atau denyut jantung yang tidak beraturan. Hal ini bisa berarti penyebabnya adalah gangguan jantung dan butuh pertolongan medis segera. (2) Pingsan saat berolahraga. Walau seringkali tidak serius, tetapi kondisi itu juga bisa menjadi gejala gangguan jantung yang tak bergejala. (3) Ukuran bola mata tidak sama. Hal ini bisa menjadi tanda bahaya adanya tekanan di otak yang disebabkan oleh stroke, trauma, atau tumor. (4) Sakit kepala berat. Hal ini bisa menandakan adanya migrain atau stroke (5) Penglihatan ganda. Hal ini juga menandakan adanya migrain, atau stroke. (6) Nyeri perut atau punggung sebelum pingsan, hal ini bisa menjadi tanda aneurisme aorta atau dinding pembuluh darah yang langsung terhubung ke jantung mulai robek. 




Nah, demikianlah artikel kali ini mengenai pengertian dan contoh paragraf eksposisi. Selain pembahasan di atas, baca pula paragraf eksposisi proses, paragraf narasi, paragraf persuasi, dan masih banyak lagi. Semoga artikel-artikel di atas dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk Sobat.

Baiklah, sampai di sini perjumpaan kita kali ini. Terimakasih telah membaca dan sampai berjumpa kembali pada artikel-artikel menarik lainnya.
5 Contoh Paragraf Eksposisi Berita dan Pengertiannya | aria nugraha | 5