2 Contoh Artikel Penelitian tentang Bencana Alam terbaik

.
.
2 Contoh Artikel tentang Bencana Alam - Hay Sobat, jumpa lagi bersama kami yang akan menyajikan dua buah contoh artikel mengenai bencana alam. Artikel penelitian ini merupakan jenis karangan eksposisi yang membahas tentang angin topan dan erupsi gunung berapi. Nah, tanpa berlama-lama lagi berikut ini adalah contoh artikel singkat tentang bencana. Selamat membaca!


Angin Topan

Angin topan atau yang disebut dengan angin puting beliung merupakan angin yang berputar dengan kecepatan lebih dari 63 km/jam yang bergerak secara garis lurus dalam waktu maksimal 5 menit. Angin topan menyebabkan dampak buruk pada beberapa aspek kehidupan, seperti dampak buruk pada bangunan, dampak buruk pada bidang ekonomi, dan dampak buruk pada lingkungan.
 
Pertama, angin topan berdampak buruk pada bangunan. Angin topan membawa air hujan yang sangat deras dengan kecepatan tinggi dan menghantam banyak bangunan disekitarnya. Angin topan membawa air hujan dalam jumlah besar, dan ketika angin topan sudah mereda pun hujan tetap akan turun. Hal ini akan berdampak pada banjir yang akan merusak bangunan-bangunan. Selain itu, kekuatan angin topan yang besar akan menerbangkan bangunan, mobil, dan benda lain di sekitarnya.
 
Kedua, angin topan berdampak buruk pada bidang ekonomi. Bencana alam seperti angin topan dapat menyebabkan kerugian besar bagi manusia. Selain membahayakan nyawa manusia, angin topan ini banyak bangunan yang rusak dan butuh waktu lama untuk memperbaikinya kembali. Dengan terjadinya bencana ini, masyarakat akan tinggal dirumah untuk beberapa waktu dan tidak pergi bekerja. Pemerintah juga harus mengeluarkan biaya besar untuk memperbaiki kerusakan bangunan tersebut.
 
Ketiga, angin topan berdampak buruk pada lingkungan. Angin topan dapat membahayakan ekosistem hewan-hewan yang tinggal baik di pinggir pantai maupun di hutan. Angin topan akan merusak ekosistem dan membawa hujan dalam jumlah besar yang akan berdampak pada berkurangnya jumlah makanan di alam bagi para hewan. Tumbuhan hutan, seperti pohon-pohon besar, akan rusak oleh angin topan dengan kecepatan angin tinggi.

 

Erupsi Gunung Berapi (Letusan Gunung Berapi)

Erupsi gunung berapi merupakan aktivitas gunung berapi yang memuntahkan material-material dari dalam perut bumi, seperti lava, batu kerikil, pasir, dan sebagainya. Penyebab dari erupsi gunung berapi adalah aktivitas magma dalam perut bumi dengan suhu yang sangat tinggi sekitar lebih dai 1000o C yang kemudian keluar dari mulut gunung berapi. Erupsi gunung berapi menyebabkan dampak negatif dan dampak positif.
 
Dampak negatif dari erupsi gunung berapi yaitu letusan gunung berapi yang membawa material panas dari dalam perut bumi, seperti lava, pasir, batu kerikil, dan sebagainya, akan merusak daerah sekitar gunung berapi. Lava gunung berapi yang panas dapat menyapu pemukiman penduduk dalam waktu sekejap. Selain itu, awan panas dari gunung berapi dapat membahayakan nyawa manusia dan seluruh makhluk hidup di sekitar gunung berapi karena suhu awan panas sangat tinggi yang dapat menghanguskan seluruh benda yang dilaluinya.
 
Dampak positif dari erupsi gunung berapi yaitu material dari dalam perut bumi yang dimuntahkan gunung berapi ketika meletus dalam jangka waktu lama akan membuat darerah sekitar gunung berapi menjadi sangat subur. Hal ini dikarenakan material yang dikeluarkan gunung berapi mengandung zat-zat yang dapat menyuburkan tanah sehingga baik bagi tumbuhan untuk hidup. Tumbuhan yang hidup di daerah yang telah terkena erupsi gunung berapi akan tumbuh subur.
 
Erupsi gunung berapi dapat diketahui kapan terjadinya dengan mengetahui ciri-cirinya, yaitu suhu udara sekitar gunung berapi akan meningkat dan terasa panas, mata air yang berada di sekitar gunung berapi akan menjadi kering, tumbuh-tumbuhan di sekitar gunung berapi akan layu karena suhu yang meningkat, hewan-hewan yang tinggal di sekitar gunung berapi akan bermigrasi ke tempat lain, dan terdengar suara gemuruh dari dalam gunung berapi, serta terkadang terjadi gempa sebelum terjadinya erupsi gunung berapi. 





Demikianlah contoh artikel pendek bahasa Indonesia. Semoga contoh artikel penelitian ini dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk Sobat semua. Selain artikel di atas, Sobat pun dapat membaca artikel lainnya, seperti contoh artikel tentang pendidikan dan artikel tentang budaya.

Baiklah, sampai di sini perjumpaan kita kali ini. Terimakasih telah berkunjung dan sampai berjumpa kembali pada artikel-artikel menarik lainnya.
2 Contoh Artikel Penelitian tentang Bencana Alam terbaik | aria nugraha | 5