Bacalah Contoh dan Cara Membuat Intisari Buku !

.
.
Contoh Intisari Sebuah Buku - Sobat, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan intisari buku ? Nah, artikel kali ini akan membahas tentang intisari buku, dimulai dari pengertian, cara membuat, dan contoh. 

Baiklah, selamat membaca !


Intisari Buku


Menulis intisari sebuah buku merupakan kegiatan menulis informasi dari sebuah buku dengan cara menulis atau merangkum bagian-bagian penting dari sebuah buku. Hal ini dimaksudkan agar para pembaca dapat dengan mudah mengetahui isi atau informasi yang terkandung dalam sebuah buku.
 
Dengan adanya intisari buku, pembaca mendapatkan banyak manfaat, yaitu intisari buku dapat dijadikan sebagai sumber rujukan bagi pembaca yang ingin menemukan tulisan yang bagus. Para pembaca juga dapat dengan mudah mendapatkan informasi dari intisari sebuah buku jika mereka tidak suka membaca buku-uku yang tebal. Selain itu, intisari buku juga dapat dijadikan sebagai referensi untuk menulis karya ilmiah karena intisari buku mengandung informasi penting sebuah buku.


A. Cara Menulis Intisari Sebuah Buku


Dalam menulis intisari buku, terdapat hal-hal penting yang harus dituliskan, yaitu:
 
1.  Judul Buku
 
2.  Identitas Buku
  1. Penulis
  2. Penerbit
  3. Kota Terbit
  4. Jenis Buku
  5. Tahun Terbit


B. Contoh Intisari Sebuah Buku

Nah, sampai di sini tentu Sobat telah mengetahui definisi dan cara membuat inti sari buku, kan ? Nah, berikut ini adalah contoh inti sari sebuah buku.


Judul Buku    : Dia tanpa Aku
 
Identitas Buku   
  1. Penulis           : Esti Kinasih
  2. Penerbit         : Gramedia
  3. Kota Terbit     :
  4. Jenis Buku      : Novel
  5. Tahun Terbit   :

Intisari Buku    :
 
Buku ini mengisahkan tentang seorang anak perempuan yang sedang duduk di bangku SMP. Ia menyukai seorang anak lelaki tampan yang duduk di bangku SMA. Anak perempuan tersebut sangat menyukai dan mengagumi anak lelaki tersebut, tetapi ia tidak berani untuk mengungkapkan perasaannya. Ia takut jika anak lelaki tersebut tidak memiliki perasaan yang sama terhadapnya. Ternyata anak lelaki tersebut diam-diam juga menyukai anak perempuan tersebut.
 
Suatu ketika, anak lelaki tersebut ingin pergi ke rumah anak peremuan tersebut untuk menyatakan perasaannya. Akan tetapi, nasib sial menimpanya. Ia mengalami kecelakaan motor di depan rumah anak perempuan tersebut. Mendengar suara ribut-ribut, anak perempuan tersebut keluar dari rumahnya dan melihat bahwa telah terjadi kecelakaan. Ia tidak mengetahui bahwa korban kecelakaan tersebut ialah lelaki yang ia suka karena lelaki tersebut telah dibawa ke rumah sakit dan nyawa nya pun tak tertolong.

Tahun demi tahun pun berlalu. anak perempuan tersebut telah memasuki jenjang SMA dan ia tidak mengetahui bahwa ia duduk sebangku dengan adik dari lelaki yang ia suka tersebut. Hubungan anak perempuan dan adik dari lelaki yang ia suka itu pun bertambah erat dan mereka tampak saling suka. Suatu hari, anak perempuan ini pergi mengunjungi anak lelaki tersebut. Di rumah tersebut, mereka bermain bersama dan mendengarkan radio.
 
Saat mendengarkan radio, terdengar seorang laki-laki dengan nada suara yang sangat mirip dengan kakak dari anak lelaki tersebut. Mendengar suara tersebut, anak lelaki itu merasa merinding. Suara laki-laki dalam radio tersebut membawa pesan untuk anak lelaki tersebut. Ia menyuruh untuk menghubungi sebuah nomor. Anak lelaki tersebut kemudian menghubungi nomor tersebut dan ternyata memang benar itu adalah suara kakaknya dan ia memberi pesan kepada adiknya. Pesan tersebut berisi bahwa ia harus menjaga perempuan yang kakaknya sukai karena ia sudah tidak mampu untuk menjaganya lagi. Ia sudah berada di dunia yang berbeda. 

Mendengar hal tersebut, anak lelaki tersebut kemudian menjadi sedih dan akhirnya menceritakan semuanya kepada anak perempuan tersebut bahwa ia merupakan adik dari lelaki yang anak perempuan tersebut sukai. Ia juga menunjukkan semua foto-foto yang kakaknya ambil karena ia sebenarnya juga menyukai anak perempuan itu. Air mata mulai mengucur dari mata anak perempuan tersebut seraya mendengar cerita anak lelaki itu. Lalu, anak perempuan tersebut pergi untuk mengunjungi kuburan lelaki yang ia sukai tersebt sambil membawa foto-foto yang telah lelaki tersebut ambil selama ini. Ia kemudian meninggalkan foto-foto tersebut di atas kuburan lelaki yang ia sukai itu dan pergi dengan perasaan tersayat sedih.




Nah Sobat, demikianlah contoh intisari sebuah buku. Intinya, intisari buku adalah tulisan yang berisi informasi tentang sebuah buku. Semoga artikel kali ini dapat menjadi referensi yang baik untuk Sobat semua.

Baiklah, sampai di sini perjumpaan kita kali ini. Terimakasih telah membaca dan sampai berjumpa kembali pada artikel-artikel menarik lainnya.
Bacalah Contoh dan Cara Membuat Intisari Buku ! | aria nugraha | 5