Contoh Laporan Hasil Wawancara Kewirausahaan Terbaik

.
.
Contoh Laporan Wawancara Singkat Mengenai Kewirausahaan - Sobat, apakah yang dimaksud dengan laporan hasil wawancara? Ini adalah laporan yang harus disusun oleh seorang pencari berita setelah melakukan wawancara. Adapun isi dari laporan ini adalah latar belakang diadakannya wawancara, tujuan, transkip hasil, dan lain-lain.

Nah, untuk memudahkan Sobat memahami laporan hasil wawancara, berikut ini adalah contoh dari laporan wawancara singkat dengan seorang mahasiswa yang menjual makanan ringan di lingkungan universitas. Selamat membaca!
 

Kewirausahaan di Kalangan Mahasiswa


I. Pendahuluan


1.1. Latar Belakang Masalah

Masalah ekonomi merupakan masalah penting yang dihadapi oleh hampir seluruh manusia, terutama para mahasiswa yang berada jauh dari orang tuanya dan tinggal di rumah kos. Berada jauh dari orang tua merupakan hal yang sulit bagi mereka, terutama jika dana sudah mulai menipis. Hal inilah yang membuat para mahasiswa memutar otak dan mulai melakukan usaha untuk mendapatkan uang tambahan dengan melakukan usaha kecil disela-sela waktu kuliah. Oleh sebab tersebut, penulis melakukan wawancara dengan salah satu mahasiswa yang sudah mulai berwirausaha dengan membuka usaha makanan ringan.
 

1.2. Tujuan Penulisan Laporan

Tujuan dari penulisan laporan ini yaitu untuk memperluas ilmu pengetahuan dalam bidang kewirausahaan dan untuk mengetahui upaya dalam peningkatan pendapatan, khususnya pada mahasiswa.
 

1.3. Waktu Wawancara

Wawancara ini dilakukan pada hari Rabu, pada tanggal 27 April 2015.
 

1.4. Tempat Wawancara

Wawancara ini dilakukan di kediaman seorang mahasiswa yang telah membuka usaha makanan ringan di rumah kosnya untuk menambah pendapatannya.

 

II. Isi Laporan


2.1. Narasumber (Pemilik Usaha)

Pemilik dari usaha makanan ringan ini adalah mahasiswi aktif dari salah satu universitas di Lampung. Mahasiswi ini bernama lengkap Praba Reina Fauzi. Ia adalah mahasiswi semester 6 yang berumur 20 tahun.
 

2.2. Pewawancara

Wawancara dilakukan oleh dua orang mahasiswa dari salah satu universitas di Lampung, Urmila Wiradinata (20 tahun) dan Adnan Alexander Pratama (21 tahun) yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kewirausahaan.
 

2.3. Transkrip Hasil Wawancara Singkat

Pewawancara  : Selamat siang mbak Reina, kami dari mahasiswa ekonomi ingin melakukan wawancara dengan anda mengenai usaha makanan ringan yang anda lakukan. Boleh kami meminta waktu anda sebentar?
 
Narasumber  : Oh, ya tentu saja boleh.
 
Pewawancara  : Baiklah, langsung saja ya. Mulai kapan mbak Reina memulai usaha menjual makanan ringan?
 
Narasumber  : Saya sudah memulai usaha makanan ringan ini sejak tahun 2013.
 
Pewawancara  : Jadi sudah sekitar dua tahun ya. Kalau boleh tahu, jenis makanan ringan apa saja yang anda jual disini?
 
Narasumber  : Saya menjual berbagai makanan ringan, seperti keripik, wafer, kerupuk, dan lain-lain.
 
Pewawancara  : Anda sebagai mahasiswa aktif, apakah tujuan anda dalam mengadakan usaha makanan ringan ini? Apakah usaha ini tidakmengganggu kuliah anda?
 
Narasumber  : Tujuan saya membuka usaha makanan ringan ini untuk mencari pengalaman dan menambah pendapatan saya. Lumayan untuk tambah uang jajan. Usaha saya ini tidak mengganggu jam kuliah saya, kok.
 
Pewawancara  : Bagaimanakah keadaan pembeli di lingkungan rumah kos anda? Apakah para pembeli kebanyakan para mahasiswa atau masyarakat sekitar?
 
Narasumber  : Pembeli saya kebanyakan adalah mahasiswa yang tinggal di sekitar rumah kos saya. Dan juga pembeli saya setiap harinya ya lumayan banyak, alhamdulillah.
 
Pewawancara  : Pertanyaan terakhir, bagaimanakah pendapat anda mengenai kewirausahaan itu sendiri?
 
Narasumber  : Kewirausahaan itu menurut saya pribadi adalah usaha yang dilakukan sendiri oleh seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya atau untuk menambah pendapatan seperti yang saya lakukan.
 
Pewawancara  : Baiklah, terima kasih atas waktunya mbak Reina. Semoga sukses selalu!
 
Narasumber  : Terima kasih.

 

2.4. Analisis Hasil Wawancara Singkat

Berdasarkan wawancara dengan Praba Reina Fauzi, dapat kita ketahui bahwa kewirausahaan adalah usaha yang dilakukan oleh seseorang dengan cara seperti berdagang guna memenuhi kebutuhan hidupnya atau untuk menambah pendapatan. Selain itu, mahasiswa tidak hanya harus aktif dalam kegiatan akademik, tetapi juga sebaiknya dapat melakukan aktivitas lain, seperti berwirausaha, sebagai pengalaman dan menambah pendapatan.
 

III. Penutup


3.1. Kesimpulan

Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa juga dapat berwirausaha yang tidak mengganggu jam kuliahnya guna menambah pendapatan dan mencari pengalaman.
 

3.2. Saran

Setelah melakukan wawancara, penulis menyarankan agar para mahasiswa yang ingin mencari pengalaman sekaligus mendapatkan tambahan pendapatan dapat berwirausaha dengan cara membuka usaha kecil seperti berdagang.






Nah, demikianlah contoh membuat laporan hasil wawancara dengan pengusaha. Semoga artikel kali ini dapat memberikan manfaat yang baik untuk Sobat semua. Selain contoh di atas, Sobat juga dapat membaca beberapa contoh teks wawancara, seperti wawancara tentang pendidikan, wawancara dengan pedagang, dan wawancara tentang kesehatan di dalam blog kami. 

Baiklah, sampai di sini perjumpaan kita kali ini dalam makalah wawancara. Terimakasih telah membaca dan sampai berjumpa kembali pada artikel-artikel menarik lainnya.
Contoh Laporan Hasil Wawancara Kewirausahaan Terbaik | aria nugraha | 5