Bacalah Teks Diskusi tentang Kenakalan Remaja Terbaik !

.
.
Contoh Teks Diskusi tentang Kenakalan Remaja - Sobat, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan teks diskusi? Teks diskusi adalah sebuah karangan di mana penulisnya memaparkan atau menjabarkan suatu topik dengan cara menempatkan diri dalam pihak yang netral. Dengan kata lain, penulsi tidak memihak kepada salah satu dari pihak yang pro dan kontra terhadap permasalahan tersebut.

Nah, berikut ini adalah sebuah contoh teks diskusi singkat tentang kenakalan remaja yang sering terjadi akhir-akhir ini di dalam masyarakat. Baiklah, selamat membaca!


 

Kenakalan Remaja, dimaafkan ataukah dihukum?


Kenakalan remaja saat ini sudah menyebar luas dan bukanlah merupakan sesuatu yang baru di Indonesia. Kenakalan remaja, mulai dari pencurian, hingga melakukan hubungan di luar nikah dan menggunakan obat-obatan terlarang sudah sering ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini tentunya merupakan hal yang mengkhawatirkan bagi masa depan bangsa. Kenakalan remaja merupakan masalah yang harus segera diselesaikan. Terdapat dua pendapat yang bertentangan antara kenakalan remaja harus dimaafkan atau dihukum.
 
Pendapat yang mendukung bahwa para remaja yang melakukan kenakalan harus dimaafkan yaitu pertama karena mereka masih dibawah umur. Remaja adalah anak-anak sedang bertumbuh ke tahap dewasa. Seperti yang kita ketahui bahwa tahap remaja yaitu dari umur 10 tahun hingga 18 tahun merupakan umur-umur yang kritis karena mereka sedang mengalami pubertas sehingga emosi mereka tidak labil. Mereka tidak dapat mengendalikan emosi mereka seperti orang dewasa karena emosi mereka yang belum matang.
 
Kedua, kenakalan yang dilakukan para remaja bukanlah sepenuhnya kesalahan dari para remaja. Akan tetapi, kesalahan mendidik dari orang tua yang membuat anak melakukan kenakalan dan penyimpangan sosial. Selain itu, keadaan keluarga yang kurang baik, seperti cerainya orang tua, orang tua yang sering bertengkar, broken home, dan orang tua yang sibuk sehinga tidak mempunyai banyak waktu bagi anak merupakan sebab utama anak berprilaku menyimpang. Ketika mereka merasa kurang kasih sayang dari orang tua, mereka akan melakukan hal-hal lain agar mendapatkan perhatian.   
 
Ketiga, para remaja yang melakukan kenakalan atau perlikau menyimpang tidak seharusnya dihukum karena mereka masih dibawah umur dan mereka berhak untuk dimaafkan dan diberikan kesempatan kedua. Para remaja yang belum memiliki emosi yang matang belum dapat sepenuhnya mengetahui mana perbuatan yang baik atau perbuatan yang buruk untuk dilakukan. Oleh karena itu, jika para remaja melakukan penyimpangan sosial, mereka berhak untuk dimaafkan dan diberikan kesempatan kedua sehingga mereka akan sadar dan melakukan hal yang benar.
 
Sementara itu, ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa kenakalan remaja haruslah dihukum karena pertama para remajalah yang melakukan penyimpangan sosial atau kenakalan remaja tersebut. Mereka haruslah dihukum karena mereka merupakan pelaku dari perbuatan menyimpang tersebut. Para remaja, meskipun mereka masih dibawah umur, mereka harus tetap dihukum karena yang melakukan kesalahan atau perilaku menyimpang tersebut adalah mereka. Para remaja yang melakukan perilaku menyimpang harus dihukum sesuai dengan kesalahan yang mereka lakukan.
 
Kedua, para remaja yang melakukan penyimpangan sosial harus dihukum karena memang terdapat hukuman bagi para pelaku kejahatan atau penyimpanga sosial sesuai dengan undang-undang yang berlaku di Indonesia. Dalam hal kenakalan remaja, para remaja lah yang merupakan pelaku dari perbuatan menyimpang tersebut sehingga mereka harus diberi hukuman yang sesuai dengan kesalahan mereka. Hukuman yang diberikan kepada remaja yang melakukan perbuatan menyimpang haruslah sesui dengan undang-undang yang berlaku di Indonesia.ti
 
Ketiga, para remaja yang melakukan perbuatan menyimpang harus dihukum agar mereka jera. Para remaja yang melakukan penyimpangan sosial tidak akan jera dan mungkin mereka ingin melakukan kesalahan tersebut kembali jika mereka tidak dihukum. Hukuman merupakan cara terbaik agar mereka sadar dengan apa yang telah mereka lakukan dan mereka merasa jera sehingga mereka tidak akan melakukan kesalahan itu kembali. Hukuman yang setimpal dengan kesalahan yang mereka lakukan diharapkan akan membuat mereka jera dan tidak akan melakukan hal buruk itu kembali.
 
Berdasarkan pemaparan diatas, dapat disimpulkan bahwa terdapat pro dan kontra mengenai kenakalan remaja yang harus dimaafkan atau dihukum. Untuk menyikapi hal tersebut, pemerintah diharapkan dapat membuat peraturan mengenai hukuman bagi para remaja yang melakukan penyimpangan sosial yang bukan hanya membuat mereka jera, tetapi juga dapat mendidik mereka menjadi pribadi yang lebih baik. Hukuman tersebut hendaknya jangan disamakan dengan hukuman bagi orang dewasa. Selain itu, para orang tua diharapkan dapat mendidik anak-anaknya dengan baik, sehingga mereka tidak akan melakukan perbuata menyimpang.




Nah, demikianlah artikel kali ini tentang contoh teks diskusi singkat. Selain contoh teks di atas, Sobat juga dapat membaca teks diskusi menarik lainnya, seperti: teks diskusi tentang hukum dan sosial, dan teks diskusi tentang pendidikan. 

Baiklah, sampai di sini perjumpaan kita kali ini. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk Sobat semua. Terimakasih telah berkunjung dan membaca, dan sampai berjumpa kembali pada artikel-artikel menarik lainnya.
Bacalah Teks Diskusi tentang Kenakalan Remaja Terbaik ! | aria nugraha | 5