Bacalah Contoh Wawancara dengan Guru Singkat !

.
.
Contoh Wawancara dengan Seorang Guru - Halo Sobat Bahasa ! Jumpa kembali bersama kami dalam artikel yang akan menyajikan sebuah contoh teks wawancara dengan seorang guru. Wawancara ini dilatarbelakangi oleh diadakannya sistem baru dalam ujian nasional.

Baiklah, tanpa berlama-lama lagi. Di bawah ini adalah contoh teks wawancara dengan seorang guru. Selamat membaca !


Contoh Teks Wawancara dengan Guru 


Pewawancara  : selamat pagi Pak, saya dari majalah Edu, saya bermaksud untuk melakukan wawancara dengan baPak sehubugan dengan sistem pendidikan yang baru. Apakah Bapak ada waktu sebentar?

Narasumber  : ah iya, tentu saja silahkan duduk.

Pewawancara  : baik terimakasih Pak, saya akan langsung saja. Seperti yang kita ketahui Pak, ada perubahan yang cukup besar dengan sistim pendidikan kita yaitu ujian nasional online, bagaimana menurut Bapak?
 
Narasumber  : kebetulan sekolah ini juga menggunakan sistim ujian online, setelah saya amati ternyata lebih baik dari pada ujian manual. Saya setuju dengan sistim baru ini.
 
Pewawancara  : dari sisi mana saja Pak, yang menurut Bapak lebih baik?
 
Narasumber  : pertama, mengenai kebocoran soal, sepertinya para siswa lebih giat belajar karena kunci jawaban sulit untuk didapatkan, tidak seperti dulu, sebagaimana kita tahu kalau kunci jawaban beredar kemana – mana. Yah, walaupun kita tahu kebocoran soal masih tetap terjadi, tapi kemungkinanya lebih kecil
 
Pewawancara  : benar juga Pak, lalu Pak yang selanjutnya?
 
Narasumber  : yang selanjutnya, kita harus mengakui ini adalah sebuah kemajuan. Khususnya dalam kemajuan teknlogi pendidikan, Indonesia sudah tidak lagi menggunakan ujian tertulis, yah walaupun beberapa sekolah masih belum menggunakan ujian online karena fasilitas yang belum memadai, tapi kita patut bangga karena Indonesia telah memulai perubahan yang cukup besar, dan saya yakin sekolah – sekolah yang belum bisa menerapkan ujian online akan lebih diperhatikan masyarakat.
 
Pewawancara  : betul Pak, ini memang merupakan suatu kemajuan. Lalu bagaimana menurut Bapak tentang biaya, sebagaimana kita ketahui, dari dulu biaya ujian nasional adalah kebutuhan yang besar bagi pemerintah. Dengan ujian online ini bagaimana Pak?
 
Narasumber  : menurut saya, ujian online ini meruPakan pemangkasan biaya yang sangat besar. Kalau kita kaji lagi, dana pendidikan yang sangat besar terletak pada ujian nasional. Seperti keperluan percetakan, serta pengiriman. Kita lihat dari tahun – tahun sebelumnya, kualitas kertas yang digunakan dalam ujian nasional terbilang buruk. Khususnya pada lembar jawaban, seringkali sobek setelah dihapus karena sangat tipis. Padahal lembar jawaban itu akan discan dikomputer. Sedangkan kalau menggunakan ujian online, masalah – masalah tersebut berkurang. Seperti keterlambatan pengiriman. Tahun ini sepertinya tidak ada.
 
Pewawancara  :  kalau kita lihat dari sisi para murid, bagaimana reaksi mereka dengan sistem baru ini Pak?
 
Narasumber  : kalau saya lihat dari siswa – siswa di sekolah ini, sepertinya mereka juga memberikan respon positif, awalnya mereka khawatir karena baru pertama kali, dan karena ujian nasional juga bukan ujian biasa. Tapi setelah kami memberikan arahan – arahan dan pelatihan mengenai prosedur ujian online ini, mereka tamPak antusias dan tertarik dengan hal ini. Menurut mereka ini hal baru dan mereka tidak perlu susah – susah menghitamkan jawaban pada lembar jawaban kata mereka. Jadi sistem baru ini juga memberikan banyak kemudahan bagi siswa dan guru serta pemerintah.
 
Pewawancara  : menurut Bapak hasil dari uji coba sistem baru ini bagaimana Pak?
 
Narasumber  : Selain kemudahan – kemudahan yang kita dapat tentu kita harus melihat hasilnya juga, dan menurut saya hasilnya juga cukup bagus, karena tingkat kelulusan siswa hampir mencapai 100% dan ini sangat bagus. Dengan tingkat kebocoran soal yang kecil kita mampu meneningkatkan tingkat kelulusan siswa di ujian nasional tahun ini.
 
Pewawancara  : yang terahir, apa harapan Bapak kepada pemerintah setelah ini?
 
Narasumber  : harapan saya setelah ini, pemerintah dapat memberikan fasiitas yang sama kepada sekolah – sekolah lain di seluruh indonesia sehingga kita semua dapat merasakan manfaat yang sama. Selain itu, saya juga berharap pemerintah terus menigkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan mengeluarkan terobosan – terobosan baru.
 
Pewawancara  : baiklah terimakasih banyak Pak, telah meluangkan waktu untuk menjadi narasumber kami, selamat siang Pak
 
Narasumber  : sama – sama, selamat siang.




Nah demikianlah artikel kali ini tentang contoh teks wawancara bersama seorang guru. Selain contoh di atas, Sobat pun dapat membaca contoh-contoh wawancara lainnya, seperti: teks wawancara lingkungan, teks wawancara bencana alam, dan teks wawancara kewirausahaan

Baiklah, sampai di sini perjumpaan kita kali ini, semoga contoh wawancara ini dapat menjadi manfaat yang baik untuk Sobat semua. Terimakasih telah membaca dan sampai berjumpa kembali pada artikel-artikel menarik lainnya.
Bacalah Contoh Wawancara dengan Guru Singkat ! | aria nugraha | 5