2 Contoh Karangan Deskripsi tentang Pantai dan Museum

.
.
Contoh Karangan Deskripsi tentang Tempat (Spatial) - Sobat tentunya telah mengetahui apa itu karangan deskripsi. Yap, karangan deskripsi adalah karangan yang menggambarkan sesuatu dengan sejelas-jelasnya. Nah, artikel kali ini akan menyajikan dua buah contoh karangan deskripsi tentang tempat atau disebut juga dengan deskripsi spatial. 

Baiklah, tanpa berlama-lama lagi, berikut ini adalah contoh karangan deskripsi tentang museum dan pantai. Selamat membaca!

Museum

Museum merupakan lembaga yang ditujukan untuk masyarakat sebagai tempat untuk menyimpan, merawat, dan melestarikan warisan budaya masyarakat dengan tujuan penelitian, pembelajaran, ataupun untuk kesenangan atau hiburan.
 
Museum berbentuk bangunan yang luas dengan banyak koleksi benda-benda bersejarah di dalamnya. Benda-benda atau peninggalan bersejarah tersebut biasanya disimpan dibalik lemari kaca agar dapat dinikmati oleh para pengunjung tanpa harus memegangnya yang dapat mengakibatkan rusaknya benda atau peninggalan sejarah tersebut.  Di museum juga, terdapat ruangan yang menampilkan tanyangan yang berhubungan dengan sejarah.
 
Di Indonesia, terapat beberapa jenis museum. Berdasarkan jenis koleksinya, museum dapat dibedakan menjadi museum umum dan museum khusus. Museum umum merupakan museum dengan koleksi berbagai macam material manusia dan lingkungan yang berkaitan dengan cabang ilmu, seni, dan teknologi. Museum khusus merupakan museum dengan koleksi berbagai macam material manusia atau lingkungan yang berkaitan dengan satu cabang saja: ilmu, seni, atau teknologi. 

Kemudian berdasarkan kedudukannya, museum dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu museum nasional, museum provinsi, dan museum lokal. Museum nasional merupakan museum dengan koleksi berbagai macam benda atau material yang bernilai sejarah nasional yang berasal dari seluruh wilayah di Indonesia. Museum provinsi merupakan museum dengan koleksi berbagai macam benda atau material yang bernilai sejarah yang berasal dari provinsi dimana museum tersebut berada. Museum lokal merupakan museum dengan koleksi berbagai macam benda atau peninggalan bersejarah yang berasal dari kota atau kabupaten dimana museum tersebut berada.
 
Berkunjung ke museum bukanlah hal yang merugikan. Disamping dapat melihat-lihat benda-benda bersejarah, para pengunjung dapat mengetahui hal-hal yang terjadi pada masa lampau dan berbagai macam kejadian yang telah menjadi sejarah.

 

Pantai Sari Ringgung

Pantai Sari Ringgung merupakan salah satu pantai yang memiliki pemandangan indah di provinsi Lampung. Pantai ini terletak di desa Sidodadi, kabupaten Pesawaran, Lampung. Pantai ini memiliki air biru yang jernih dan bersih. Ditambah lagi dengan deretan pohon kelapa hijau membuat suasana di pantai Sari Ringgung ini semakin mempesona.
 
Selain keindahan panoramanya, pantai ini juga memiliki ciri khas lain, yaitu pasir timbul. Pasir timbul di pantai ini terletak sedikit jauh dari bibir pantai sehingga para pengunjung yang datang perlu menaiki perahu sekitar 10-15 menit untuk menjangkaunya. Harga perahu yang ditawarkan penduduk lokal terjangkau. Setelah sampai disana, mata para pengunjung pasti akan dimanjakan dengan pemandangannya yang indah. Dari pasir timbul ini, para pengunjung dapat melihat laut yang biru jernih dan deretan pulau-pulau yang hijau.
 
Pasir timbul di pantai Sari Ringgung ini memiliki pasir yang putih bersih. Disini, para pengunjung dapat melihat berbagai hewan laut yang tidak biasa dijumpai di pantai, seperti bintang laut, bulu babi, dan berbagai macam ikan kecil. Jika beruntung, para pengunjung bahkan dapat menemukan puluhan bintang laut dan telur-telurnya yang berbentuk unik.
 
Jika tidak ingin menyeberang ke pasir timbul, para pengunjung dapat menikmati pemandangan pantai yang indah dengan duduk santai di pondok-pondok yang berada di sepanjang pantai Sari Ringgung ini sambil menikmati minuman atau makanan yang dapat dibeli di kafe yang tersedia di pantai ini.
 
Pantai Sari Ringgung dengan pasir timbulnya yang indah merupakan destinasi yang cocok bagi para pengunjung yang ingin menikmati liburan dengan keluarga atau seseorang yang spesial sambil melihat pemandangan yang mempesona. Tempat ini juga cocok dijadikan sebagai tempat untuk mengambil foto-foto, baik bagi para fotografer maupun bagi para pengunjung. 




Nah, demikianlah artikel kali ini tentang karangan deskripsi. Selain contoh di atas, Sobat juga dapat membaca contoh-contoh lainnya, seperti karangan deskripsi tentang sekolah,  deskripsi tentang teman dan hewan peliharaan, deskripsi tentang ibu dan adik. 

Baiklah sampai di sini perjumpaan kita kali ini. Semoga artikel kali ini dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk Sobat semua. Terimakasih telah membaca dan sampai berjumpa kembali pada artikel-artikel menarik lainnya.
2 Contoh Karangan Deskripsi tentang Pantai dan Museum | aria nugraha | 5