Contoh Surat Pembaca tentang Kebersihan Sekolah Terbaik

.
.
Surat Pembaca tentang Kebersihan Sekolah - Pernahkah Sobat membaca atau menulis surat pembaca di dalam sebuah surat kabar? Jika iya, Sobat tentu sudah tidak asing lagi dengan jenis tulisan ini. Nah, untuk Sobat yang belum mengetahui apakah surat pembaca tersebut? Artikel kali ini akan menyajikan sebuah contoh surat pembaca mengenai lingkungan sekolah.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini adalah surat pembaca yang dikirimkan oleh penulis mengenai kebersihan di sekolahnya. Selamat membaca!



Kurangnya Kesadaraan akan Kebersihan di Sekolah


Sekolah saya terlihat rapih dan bersih dari depan akan tetapi jika dilihat kedalam ternyata tidak sejalan dengan apa yang terlihat di luar. Jika kita masuk lebih dalam ke SMA KARTINI, maka kita akan lihat kondisi halaman yang kotor. Banyak warga sekolah yang tidak mengerti cara membuang sampah pada tempatnya. Khususnya para siswa, banyak dari mereka yang tidak memiliki kesadaran akan kebersihan sekolah. Sebagaimana kita ketahui bahwa indahnya suatu sekolah bukan hanya di lihat dari tata bangunan saja tapi yang terpenting adalah kebersihan sekolah itu sendiri. 

Jika dilihat lagi jumlah kotak sampah yang disediakan oleh sekolah juga kurang memadai, tidak semua tempat di sekolah di sediakan kotak sampah. Mungkin karena alasan inilah banyak warga sekolah, khususnya para siswa, yang malas membuang sampah pada tempat sampah, karena mereka pikir kotak sampah terlalu jauh. Oleh karena itu sebaiknya disediakan lebih banyak kotak sampah di tempat – tempat yang mudah dijangkau oleh siswa. Khususnya di setiap ruang kelas, saat ini kotak sampah hanya disediakan di depan deretan beberapa kelas, sedangkan di masing – masing kelas belum ada. Sebab itulah, banyak sampah berserakan di depan ruang kelas serta di dalam kelas. 

Hal ini akan membuat proses belajar – mengajar tidak nyaman karena kondisi kelas yang kotor.  Bukan hanya sampah yang berserakan, beberapa kondisi toilet di sekolah ini juga tidak nyaman. Khususnya toilet khusus siswa, jumlah toilet yang terbatas yaitu sekitar sembilan toilet untuk hampir 800 siswa membuat kondisi toilet di sekolah ini tidak nyaman di gunakan. Jika kita lihat, kondisi dinding yang penuh dengan coret – coretan sangat tidak terawat. Banyak siswa yang sengaja menulis hal – hal tidak penting di dinding kamar mandi. Mereka saling berbalas kata di dinding sehingga tidak membuat dinding tersebut kotor dan tidak sedap dipandang. 

Kesadaran siswa akan kerapihan infrastruktur sekolah masih rendah. Selain itu, kondisi kamar mandi juga sering kali bau karena terlalu sering telat air. Air yang ada di kamar mandi seringkali habis sehingga toilet menyebarkan bau yang tidak sedap. Hal ini membuat siswa tidak nyaman, mereka harus jalan lebih jauh ke toilet yang berada di mushola untuk jika toilet siswa kehabisan air. 

Sebaiknya pihak sekolah memperbaiki fasilitas ini demi kenyamanan bersama. Masalah kebersihan di sekolah ini sepertinya tidak ada habis – habisnya untuk dibahas. Seperti kebersihan mushola sekolah. Keadaan mushola yang ada di sekolah memang sudah cukup baik akan tetapi ada beberapa hal yang juga perlu diperhatikan seperti kebersihan mukena umum yang sepertinya jarang sekali dicuci. Bukan hanya itu, karpet sajadah juga seringkali berdebu karena jarang dibersihkan. Sebenarnya sekolah telah mempekerjakan cleaning service namun, kesadaran warga sekolah sendirilah yang paling penting. 

Jika kita kaji lebih jauh lagi, kondisi kantin di sekolah ini juga kurang baik. Tempat yang di sediakan sangat sempit sehingga akan sangat ramai pada jam istirahat. Selain itu penempatan kantin juga tidak tepat, kantin berada tepat di depan tempat pembuangan sampah, sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap. Sebenarnya, kondisi sekolah sudah cukup baik hanya saja kondisi kebersihan perlu ditingkatkan. Sebaiknya, sekolah membuat peraturan yang tegas terhadap warga sekolah yang tidak menjaga kebersihan. Selain itu, sekolah juga perlu menambahkan fasilitas yang memadai demi menjaga kebersihan sekolah.





Nah, Demikianlah artikel kali ini tentang surat pembaca. Semoga artikel kali ini dapat menjadi referensi yang baik untuk Sobat semua. Selain contoh di atas, baca juga surat pembaca tentang pendidikan.

Baiklah Sobat, sampai di sini perjumpaan kita kali ini. Terimakasih telah membaca dan mengunjungi blog kami. Sampai jumpa lagi dalam artikel-artikel menarik lainnya.
Contoh Surat Pembaca tentang Kebersihan Sekolah Terbaik | aria nugraha | 5