2 Contoh Teks Persuasi Bahaya Narkoba dan Rokok

.
.
Contoh Persuasif Teks tentang Rokok dan Narkoba - Sobat, pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang karangan persuasif dengan tuntas. Nah, artikel kali ini akan menyajikan dua buah contoh karangan persuasif tentang rokok dan narkoba. Baiklah, tanpa berlama-lama lagi, Selamat membaca !
 

Sehatkan Diri tanpa Rokok!


Saat ini rokok telah menjadi gaya hidup masyarakat di seluruh dunia khususnya para kaum adam. Merokok bukan menjadi hal yang tabu atau asing bagi masyarakat, baik tua, muda, laki – laki maupun perempuan bebas merokok. Meskipun mereka semua tahu bahwa merokok adalah hal yang berbahaya akan tetapi mereka seperti buta dan tuli akan hal itu. Seperti kita ketahui, terdapat wacana bahkan gambar yang menunjukan bahaya rokok, akan tetapi mereka tidak peduli dan masih tetap merokok. 

Bahkan mereka mengeluarkan statement – statement yang seakan – akan merokok adalah kehidupan mereka, contohnya ‘merokok mati, tidak merokok mati, lebih baik merokok sampai mati.’ Hal ini sangat di sayangkan, karena mereka belum menyesal sebelum mendapatkan akibatnya sendiri. Berikut ini merupakan beberapa bahaya rokok.
 
Merokok dapat menyebabkan kerontokan rambut. Berdasarkan penelitian, seorang perokok akan memiliki sytem kekebalan tubuh yang rendah karena selalu menyerap bahan – bahan berbahaya yang ada di dalam rokok, sehingg menimbulkan penyakit lupus erithematosus yaitu kerontokan rambut. Kerontokan rambut ini tidak akan mudah di sembuhkan sebagaimana kerontokan rambut bias, kecuali jika si perokok berhenti merokok.
 
Dampak yang kedua yaitu katarak. Merokok dapat menyebabkan seseorang mendapatkan penyakit mta yaitu katarak. Penyakit katarak yaitu penyakit yang menyebabkan kebutaan dini karena lensa mata yang memutih dan menghalangi pengelihatan. Cara rokok menyebabkan katarak yaitu dengan terlebasnya zat – zat berbahaya dari rokok melalui paru – paru mengiritasi mata perokok.  Hal ini akan semakin buruk jika si perokok tidak berhenti merokok.
 

Dampak selanjutnya yaitu kanker. Semua orang sudah tahu bahwa merokok menyebabkan kanker, terlebih karena hal ini sudah tertera dalam bungkus rokok serta di publikasikan di layar televisi oleh pemerintah. Tidak ada satupun zat yang terkandung dalam rokok berguna bagi kesehatan manusia. Oleh sebab itu kemungkinan tumbuhnya kanker pada perokok 22 kali lebih tinggi di banding orang yang tidak merokok.
 
Setelah mengkaji bahaya – bahaya rokok di atas, maka sebaiknya para perokok berhenti merokok, karena dampak – dampak tersebut bukan bualan semata akan tetapi sudah mellalui proses penelitian yang panjang. Jadi, berhentilah merokok demi kesehatan bersama.

 

Hindari Narkoba!


Saat ini narkoba semakin marak diperjual belikan di seluruh dunia. Konsumsi narkoba semakin tinggi, khususnya anak muda semakin banyak mengonsumsi narkoba. Penyebab awal kenapa mereka memilih narkoba bermacam – macam, contohnya yaitu kurangnya kasih sayang keluarga, dan pengaruh teman sebaya. Pengguna narkoba yang biasanya adalah remaja ini masih labil dan ahirnya memutuskan untuk jatuh pada narkoba. Dampak yang di timbulkan dari narkoba sangat lah buruk, berikut penjelasanya.
 
Narkoba menyebabkan kecanduan berat pada pemakai. Sebagaimana kita ketahui bahwa narkoba merupakan salah satu zat adiktif sehingga membuat orang kecanduan. Jika pemakai sudah kecanduan atau biasa di sebut sakau, maka mereka harus mendapatkan narkoba. Sakau adalah kondisi diimana tubuh menuntut zat tertentu yang sudah pernah masuk sebelumnya, sehingga jika tidak di penuhi maka tubuh akan merasa sangat sakit sampai si pemakai tidak bisa menahanya jika tidak mendapatkan narkoba.
 
Selanjutnya, narkoba memperburuk kesehatan. Siapa yang tidak tahu akan bahaya ini, akan tetapi mereka tidak peduli. Penyalah gunaan narkoba sudah jelas akan memperburuk kesehatan. Dari hasil penelitian para ahli, pengguna narkoba akan cenderung memiliki daya tahan tubuh yang sangat rendah, sehingga mudah terkena penyakit , seperti demam, penyakit pernafasan, jantung, dan bahkan kanker. Hal ini jelas membuat masa depan mereka juga suram. Oleh karena itu sebaiknya hindari narkoba.
 
Akibat selanjutnya yaitu penurunan mental. Penguna narkoba akan mengalami penurunan mental setelah mengoonsumsi narkoba. Hal ini jelas merugikan bagi dirinya sendiri. Pengguna narkoba akan sering mengalami depresi, rasa cemas yang berlebihan, halusinasi serta gangguan mental lainya. Hal tersebut akan menghancurkan masa depan psra pengguna narkoba, karena apabila pengguna narkoba telah kecanduan, akan sulit untuk di hentikan kecuali melalui proses rehabilitasi.
 
Dampak – dampak tersebut jelas sangat merugikan bagi diri sendiri serta orang lain. Para pengguna narkoba hanya menikmati efek senang sementara saja. Oleh sebab itu, kita harus menghindari narkoba karena jika sudah terjerat sekali akan sulit untuk melepaskan diri.





Demikianlah artikel kali ini tentang contoh teks persuasif  tentang bahaya rokok dan narkoba. Intinya, teks persuasif adalah teks yang bertujuan untuk mempengaruhi pembacanya untuk melakukan sesuatu. Selain teks di atas, Sobat juga dapat membaca slogan anti narkoba untuk menyakinkan tulisan yang akan Sobat buat. 

Baiklah, sampai di sini perjumpaan kita kali ini. Terimakasih telah membaca dan sampai berjumpa kembali pada artikel-artikel menarik lainnya.
2 Contoh Teks Persuasi Bahaya Narkoba dan Rokok | aria nugraha | 5