Baca Karangan Argumentasi tentang Korupsi Terbaik !

Contoh karangan argumentasi tentang Korupsi - Halo Sobat Bahasa ! Kalian telah mengetahui apa itu karangan argumentasi kan? Tentu saja karena kita telah mengulas tuntas tentang paragraf argumentasi pada artikel sebelumnya. 

Nah, artikel kali ini akan menyajikan sebuah contoh karangan argumentasi tentang korupsi terbaik. Karangan ini ditulis berdasarkan pendapat pribadi tentang cara yang dapat dilakukan dalam menghentikan korupsi. Baiklah, tanpa berlama-lama lagi, di bawah ini adalah karangan argumentasi korupsi. Selamat membaca!



Upaya Pemberantasan Korupsi


Korupsi merupakan hal yang tidak lagi asing di telinga kita karena saudah banyak sekali kasus korupsi yang terjadi di Indonesia sehingga kita pun seerti biasa mendengar istilah tersebut. Korupsi merupakan kegiatan ilegal yang melakukan penyalah gunaaan kuasa serta dana yang yang seharusnya digunakan untuk hal yang di tetapkan. Orang yang melakukan korupsi disebut koruptor atau bahasa lainnya tikus kantor. Kegiatan korupsi ini sangatlah merugikan banyak pihak, karena mereka menggunakan hak orang untuk kepentingan mereka sendiri.

Pemerintah Indonesia telah berusaha menghentikan aksi korupsi ini dengan berbagai cara akan tetapi tetap saja masih banyak koruptor – koruptor yang masih melakukan aksi ini. Sebaiknya pemerintah bukan hanya menangkap serta menghukum mereka akan tetapi, pemerintah harus mulai mencabut akar – akar korupsi. Ada beberapa cara yang sebaiknya dilakukan pemerintah dalam menghapuskan korupsi selain memberi  hukuman penjara.

Yang pertama yaitu pendidikan yang baik bagi warga Indonesia khususnya pemuda. Pendidikan adalah hal terpenting dalam masa depan bangsa khususnya pendidikan bagi para pemuda Indonesia yang mana akan melanjutkan perjuangan indonesia di masa depan. Pendidikan bukan hanya soal pengetahuan akan tetapi karakter. Untuk menghindari tindak korupsi, maka hal yang terpenting sebagai tindakan prefentif yaitu penguatan karakter bangsa.

Pendidikan karakter sebenarnya lebih penting dari pada penekanan pada ilmu pengetahuan. Dengan karakter yang kuat, mereka tidak akan melakukan tindakan yang salah seperti hal nya korpsi. Pengenalan korupsi sebaiknya di lakukan lebih awal kepada genaerasi – geerasi bangsa sehingga mereka tahu dan sadar bahwa korupsi itu bukanlah hal yang benar. Dengan penekanan pada pendidikan karakter ini semoga dapat lebih menguangi tingkat korupsi di Indonesia.

Cara yang kedua yaitu hukuman kerja sosial bagi pelaku korupsi, selain penjara. Pelaku korupsi selama ini hanya dihukum di penjara saja sehingga tidak mereka tidak medapatkan pengajaran apa – apa setelah keluar dari penjara. Mereka mungkin jera, tapi mereka jera karena takut di  masukan kepenjara lagi, bukan karena merasa bersalah dan menyadari bahwa ia memang salah. Dalam hal ini, sebaiknya pemerintah menciptakan hukuman baru yang lebih bermanfaat bukan hanya bagi pelaku akan tetapi juga orang lain.

Kerja sosial selama hukuman dapat memberikan efek jera serta menyadarkan pelaku akan kesalahan dari perbuatanya itu. Kerja sosial yang dapat mereka lakukan ada banyak contohnya menyapu jalan, dengan ini mereka akan sadar sulitnya rakyat kecil mencari uang yang tidak seberapa. Sedangkan uang yang seharusnya menjadi hak para rakyat kecil itu, diambilnya tanpa berfikir panjang. Setelah para pelaku napi melakukan hal seperti itu, tentu mereka mendapat pelajaran atas pekerjaaanya. Apabila hal ini dianggap terlalu beresiko maka dalam melakukan kerja sosial ini sembari di awasi dengan ketat oleh polisi. Ada banyak jenis pekerjaan sosial yang dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran para napi sehingga mereka bisa lebih waspada dalam melakukan segala sesuatu.

Korupsi merupakan permasalahan karakter yang terjadi di banyak negara khususnya Indonesia yang sedang krisis kepribadian ini. Masalah karakter bisa diselesaikan dengan pendidikan karakter bukan hanya kurungan saja. Dengan memberikan pengertian – pengertian moral dan penekanan pendidikan karakter pada pelaku korupsi dan pemuda calon penerus bangsa maka diharapkan dapat memperbaiki keadaan indonesia yang memiliki tingkat korupsi yang sangat tinggi diantara negara – negara lain.






Nah, demikianlah karangan argumentasi terbaik tentang korupsi. Selain contoh di atas, Sobat pula dapat membaca contoh lainnya, seperti: karangan argumentasi tentang pendidikan, kesehatan, budaya, dan masih banyak lagi. 

Baiklah, sampai di sini perjumpaan kita kali ini. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi yang baik untuk Sobat dalam menulis karangan argumentasi. Terimakasih telah membaca dan sampai berjumpa kembali pada artikel-artikel menarik lainnya.
Baca Karangan Argumentasi tentang Korupsi Terbaik ! | aria nugraha | 5