2 Contoh Paragraf Pertentangan dan Definisi Terbaik

Contoh paragraf pertentangan - Sobat, tahukah Anda bahwa paragraf pertentangan dan paragraf perbandingan adalah salah satu jenis paragraf eksposisi. Nah, pada artikel yang lalu, kita telah tuntas membahasa paragraf perbandingan, artikel kali ini akan menyajikan contoh paragraf pertentangan.

Sebelumnya, apakah yang dimaksud dengan paragraf pertentangan tersebut ? Yap, paragraf pertentangan adalah suatu paragraf yang membandingkan suatu hal atau topik tertentu dengan melihat perbedaan-perbedaannya. Tidak seperti paragraf perbandingan, paragraf ini biasanya lebih mengunggulkan salah satu objek atau topik yang dibandingkan. Baiklah tanpa berlama-lama lagi, di bawah ini adalah dua buah contoh paragraf pertentangan. Selamat membaca!


Paragraf Pertentangan


Contoh 1
 
Orang pendiam biasanya tidak banyak dikenal baik orang. Orang pendiam biasanya misterius akan tetapi sangat menarik. Meskipun orang pendiam tidak banyak bicara tapi ketika orang tersebut bicara meskipun hanya sedikit maka akan banyak di ingat orang. Selain itu, diamnya akan sealalu membuat orang penasaran dengan jati diri orang tersebut. Orang yang pendiam memang kurang menunjukan diri pada khalayak ramai, meskipun begitu mereka biasanya memiliki kelebihan lain yang tidak dimiliki oleh orang lain. Mereka biasanya cukup unik dan berbeda dengan yang lain. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa orang pendiam memiliki pemikiran yang lebih kompleks dari orang yang banyak bicara. Orang pendiam selalu berfikir kembali sebelum mengatakan atau menyatakan sesuatu karena mereka memiliki pemikiran yang kompleks. Mereka selalu memperhitungkan kata – kata mereka apakah akan menyakiti orang lain atau tidak, apakah memiliki manfaat atau tidak . Jika dibandingkan orang yang banyak bicara, omongan orang – orang pendiam lebih berbobot dan memiliki pengaruh yang lebih besar, karena orang yang banyak bicara berfikir lebih cepat bukan lebih kritis dalam memproduksi kalimat yang akan mereka bicarakan. Kebanyakan orang memang lebih tertarik dengan orang yang pandai bicara ketimbang kepada mereka yang pendiam, karena dinilai lebih menarik dan menyenangkan akan tetapi bagi sebagian orang, orang yang pendiam sangat menarik dan membuat mereka penasara. Oleh karena itu, tidak semua orang pendiam itu tidak menarik dan bodoh, sebagian besar dari maereka memiliki sisi yang belum diketahui orang lain.

 
Contoh 2
 
Pergaulan anak muda kini semakin moderen, mulai dari perkembangan telepon genggam hingga fashion. Pergaulan yang seperti ini sebenarnya menimbulkan lebih banyk efek buruk ketimbang baiknya. Perkembangan yang serba moderen membuat peluang kejahatan  semakin meningkat. Bukan hanya kejahatan, munculnya silent generation di kalangan masyarakat juga erupakan dampak dari perkembangan zaman yang semakin moderen. Berbeda jauh dengan zaman dahulu dimana teknologi merupakan hal yang mewah. Tidak semua golongan masyarakat dapat menikmati manisnya teknologi. Jaman dahulu memang terkesan kuno tapi tingkat kejahatan tidak setinggi ini, karena pada jaman moderen ini mudah sekali mengakses segala hal hanya dengan internet, semuanya serba otomatis, sedangkan jama dahulu semuanya serba manual. Hal ini menjadi ancaman bagi pegaulan anak muda jaman sekarang karena mereka sangat tertarik dengan teknologi sehingga dapat dengan mudah terbodohi. Mudahnya akses internet menyebabkan pergaulan anak semakin rawan terkena efek buruk seperti pornografi, berbeda dengan jaman dahulu, yang terbilang sulit mendapatkan hal – hal semacam itu. Pada zaman dahulu, mereka tidak bisa bertatap muka dengan ornag yang jauh kecuali bertemu langsung dengan mereka, saat ini telah tersedia teknologi bernama video call yang bisa membuat kita betrtatap muka dengan orang yang jaraknya jauh dari kita, hal ini merupakan suatu perkembangan yang baik selama tidak disalahgunakan oleh orang – orang yang bertanggung jawab. selain itu, dengan adahal video call membuat orang – orang malas untuk berkunjung, dan meluangkan waktu untuk bertemu secara langsung baik dengan keluarga maupun teman. Mereka bisa bertatap muka dengan aplikasi ini. Sebenarnya hal ini juga bukan hal yang baik bagi kita, karena dapat menjauhkan silaturahmi. Selain itu ada banyak lagi perkembangan teknologi yang terlihat menguntungkan kita akan tetapi sebenaranya justru mergikan kita serta menjauhkan kita dari orang – orang di sekitar kita. Oleh karena itu kita sebaiknya menggunakan teknologi moderen secara baik dan bijak sehingga perkembangan ini menjadi sebuah kemajuan dan bukanya kemnduran.






Nah, demikianlah artikel kali ini tentang paragraf pertentangan. Intinya, paragraf pertentangan adalah paragraf yang memiliki gagasan utama suatu benda atau hal yang saling bertolak belakang. Selain contoh di atas, Sobat juga dapat membaca contoh paragraf deduktif, paragraf induktif, paragraf campuran, dan paragraf ineratif

Baiklah, sampai di sini perjumpaan kita kali ini. Semoga artikel-artikel ini dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk Sobat semua. Terimakasih telah membaca dan sampai berjumpa kembali pada artikel-artikel menarik lainnya.
2 Contoh Paragraf Pertentangan dan Definisi Terbaik | aria nugraha | 5